JK Borong 8 Buku Karya Engineering PLN di Pameran Harteknas

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyempatkan diri untuk mengunjungi pameran teknologi seusai menutup secara resmi serangkaian kegiatan peringatan hari teknologi nasional (Hakteknas) 2019 ke 24 di Lapangan Puputan Renon, Denpasar.
Sultan Anshori
Sultan Anshori - Bisnis.com 28 Agustus 2019  |  19:30 WIB
JK Borong 8 Buku Karya Engineering PLN di Pameran Harteknas
Stand milik PLN di pameran Harteknas 2019 yang berlangsung di Lapangan Puputan Renon Denpasar, Bali, Rabu (28/8/2019) - Bisnis/Sultan Anshori

Bisnis.com, DENPASAR — Wakil Presiden Jusuf Kalla menyempatkan diri untuk mengunjungi pameran teknologi seusai menutup secara resmi serangkaian kegiatan peringatan hari teknologi nasional (Hakteknas) 2019 ke 24 di Lapangan Puputan Renon, Denpasar.

Wapres yang didampingi oleh Menristekdikti Muhammad Nasir bersama Gubernur Bali Wayan Koster menyambangi beberapa stand pameran yang berada tidak jauh dari lokasi penutupan acara.

Di antara beberapa stand yang dikunjungi, wapres juga terlihat di stand milik perusahaan negara PLN. Disini, dia tertarik dan meminta beberapa buku penelitian PLN.

Assistant Manager of Knowledge Management PLN Puslitbang, Angga Kusuma mengatakan bahwa, buku-buku yang diminta oleh wapres merupakan hasil karya para insinyur dan ahli yang bertugas di PLN.

Hal tersebut rutin dilakukan agar pengetahuan serta pengalaman yang mereka miliki agar bisa dibaca oleh semua orang.

"Jadi buku yang kita bawa diminta semuanya oleh pak wapres," ujarnya.

Menurutnya, buku yang diborong Jusuf Kalla antara lain Standarisasi SPLN, Kajian Sisa Umur Pembangkit Listrik, Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro. Sistem Proteksi (Dasar Sistem Proteksi dan Penalaan Out Of Step Relay Pada Generator Sinkron) dan buku berjudul Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Mengatasi Masalah Sedimentasi Pada PLTA dengan Menggunakan Model Hidraulik.

Selain membawa buku-buku, dia juga membawa beberapa alat yang terbagi menjadi empat konsep di standnya.

Yaitu yang Innovation and Research Center dimana distand ini berisi alat-alat inovasi yang dihasilkan oleh pegawai PLN dan poster penelitian terbaru PLN Puslitbang.

Kedua Customer Clinic, PLN dengan senang hati akan melayani masyarakat yang ingin konsultasi masalah kelistrikan atau layanan PLN lain. 

Ketiga  stand Electrifying Lifestyle di mana PLN membawa motor listrik, kompor listrik, pemanas air elektrik, dan juga SPLU (stasiun penyedia listrik umum) sebagai kampanye mengajak masyarakat untuk biasa menggunakan energi listrik. Dan yang terakhir ada konsep games zone

"Berhubung kami tahu bahwa pengunjung pameran Ritech Expo sebagian adalah pelajar SMP dan SMA, kami membawa dua alat permainan dari Museum Listrik, yaitu Generator Van De Graff dan Permainan Kawat Listrik, yang mana peminatnya tinggi sekali karena ada hadiah souvenir," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jusuf kalla, PLN

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top