Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Musim Kemarau di NTT Berlangsung Agustus-September

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, puncak musim kemarau di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), berlangsung Agustus hingga September 2019.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, KUPANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, puncak musim kemarau di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), berlangsung Agustus hingga September 2019.

"Dari hasil monitoring, NTT mulai memasuki puncak musim kemarau pada Agustus ini hingga September," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Kupang, Apolinaris Geru kepada Antara di Kupang, Selasa (20/8/2019).

Karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk melakukan penghematan dalam penggunaan air, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk pertanian dan peternakan.

Hal penting lain yang harus diwaspadai adalah jangan membuang puntung rokok, atau membakar sampah pada sembarangan tempat, yang bisa menimbulkan kebakaran.

Dia juga mengimbau para petani untuk tidak membakar sampah di kebun-kebun, terutama pada area sekitar hutan yang mudah terbakar.

Apalagi membakar hutan untuk membuka lahan pertanian baru, karena berpotensi menimbulkan kebakaran yang lebih luas, katanya menambahkan.

Kekeringan ekstrem

Berdasarkan monitoring hari tanpa hujan berturut-turut (HTH) dasarian I Agustus 2019, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada umumnya mengalami HTH dengan kategori sangat panjang (31-60 hari) hingga kekeringan ekstrem (>60 hari).

Bahkan beberapa wilayah di provinsi berbasis kepulauan itu, yang sudah mengalami hari tanpa hujan dengan kategori kekeringan ekstrem (>60 hari).

Wilayah-wilayah yang masuk kategori kekeringan ekstrem itu antara lain sekitar Waepana di Kabupaten Ngada, sekitar Danga dan Rendu di Nagekeo.

Wilayah sekitar Nanganio dan Wolojita di Kabupaten Ende, wilayah sekitar Stamet Maumere, Magepanda dan Waigete) di Kabupaten Sikka.

Wilayah sekitar Stamet Larantuka dan Konga di Kabupaten Flores Timur, wilayah sekitar Wulandoni di Kabupaten Lembaga, wilayah sekitar Kabukarudi di Kabupaten Sumba Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper