Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejaksaan NTT Tingkatkan Pengawasan Dana Desa

Kasus korupsi dana desa di NTT karena kepala desa serta pengelola dana desa tidak memahami secara baik terhadap sistem administrasi pengelolaan keuangan desa.
Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)./Wikipedia
Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)./Wikipedia

Bisnis.com, KUPANG — Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur, Abdul Hakim mengatakan Kejaksaan akan lebih mengoptimalkan pengawasan terhadap pengelolaan dana desa sebagai upaya meminimalisir terjadinya korupsi dalam pengelolaan dana desa tahun 2019 sebesar Rp3,2 triliun.

"Kejaksaan tentu akan lebih memaksimalkan pengawasan penggunaan dana desa di NTT, sehingga kasus-ksus korupsi dana desa bisa diminimalisir di NTT," kata Abdul Hakim di Kupang, Senin (12/8/2019).

Abdul Hakim mengatakan hal itu terkait peran Kejaksaan di NTT sebagai Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dalam pengawasan dan pengelolaan dana desa tahun 2019 yang mencapai hampir Rp3,2 triliun untuk 3.026 desa di NTT.

Menurut Abdul Hakim, terjadinya kasus korupsi dana desa di NTT karena kepala desa serta pengelola dana desa tidak memahami secara baik terhadap sistem administrasi pengelolaan keuangan desa.

"Banyak yang belum memahami secara baik tentang administrasi pengelolaan dana desa sehingga sering ditemukan penggunaannya dana desa menyimpang dari aturan berlaku. Apalagi dana desa yang diterima cukup besar. Kasus-kasus korupsi dana desa di NTT pada umumnya karena para kepala desa kesulitan dalam mempertangungjawabkan penggunaan dana desa sehingga terjadi korupsi," tegasnya.

Abdul Hakim mengatakan, Kejaksaan siap melakukan pendampingan apabila dibutuhkan desa-desa yang kesulitan dalam membuat laporan keuangan desa.

Ia mengatakan, Kejaksaan di NTT akan melakukan sosialisasi kepada aparat desa di kabupaten/kota terkait pengelolaan dana desa yang benar sehingga tidak berpotensi terjadinya penyimpangan.

"Kami akan lebih memaksimalkan kegiatan sosialisasi kepada perangkat desa pada saat kegiatan evaluasi bulanan pengelolaan dana desa di setiap kabupaten/kota," tegas Abdul Hakim.

Ia berharap 3.026 kepala desa di provinsi berbasis kepulauan ini agar dalam pengelolaan dana desa tetap merujuk pada aturan yang berlaku sehingga tidak terjerat dalam kasus-kasus korupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler