Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asita Harapkan Festival Pariwisata di NTT Digelar Konsisten

Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Abed Frans mengharapkan agar berbagai kegiatan festival pariwisata yang diadakan pemerintah daerah setempat digelar secara konsisten setiap tahun.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, KUPANG - Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Abed Frans mengharapkan agar berbagai kegiatan festival pariwisata yang diadakan pemerintah daerah setempat digelar secara konsisten setiap tahun.

"Konsistensi ini penting terutama waktu dan tempat pelaksanaan festival sehingga ketika kami pelaku wisata tidak ragu-ragu menjual paket wisata untuk menarik kunjungan wisatawan hadir pada event-event festival," katanya, Senin (22/7/2019).

Dia mengatakan hal itu terkait berbagai kegiatan festival pariwisata yang dihadirkan pemerintah daerah di Provinsi Nusa Tenggara untuk menarik minat kunjungan wisatawan ke daerah-daerah.

Sedikitnya ada enam festival pariwisata yang digelar di NTT dalam Juli 2019 di antaranya menyebar di Pulau Flores seperti festival Inerie di Kabupaten Ngada, Festival Etu di Kabupaten Nagekeo, Festival Caci di Kabupaten Manggarai, Festival Florata di Kabupaten Manggarai Barat.

Selain itu, di Pulau Sumba berupa Festival Tenun Ikat yang dipadukan dengan Parade Kuda Sandelwood di Kabupaten Sumba Timur, serta Festival Memanggil Ikan Dugong di Kabupaten Alor, Pulau Alor.

Abed mengatakan, pihaknya mendukung kehadiran berbagai festival ini untuk menambah semarak pariwisata di provinsi setempat dalam rangka menarik minat kunjungan wisatawan.

Hanya saja, lanjutnya, berbagai festival ini belum mampu mendatangkan kunjungan wisatawan secara masif terutama dari kalangan mancanegara karena digelar relatif mendadak.

"Tamu-tamu overseas dari mancanegara yang diundang pelaku wisata tidak mungkin diundang hari ini untuk bulan depan mereka datang, mereka harus persiapkan waktu enam hingga tujuh bulan baru bisa memastikan untuk hadir," katanya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar berbagai festival yang digelar ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan konsisten terkait waktu dan tempat di tahun-tahun mendatang.

Dengan begitu, lanjutnya, para operator tur dapat menyiapkan paket wisata secara pasti paling lambat setahun sebelumnya untuk ditawarkan kepada wisatawan.

"Festival-festival ini bagus sebagai langka awal, tinggal dilakukan secara konsisten, artinya pada tahun depan di bulan yang sama, tanggal yang sama, tempat yang sama harus ada juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper