Tinggal 12 Desa di Sikka Belum Terlistriki

Hingga saat ini masih tersisa 12 desa di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, yang belum berlistrik.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Juli 2019  |  19:05 WIB
Tinggal 12 Desa di Sikka Belum Terlistriki
Ilustrasi petugas PLN memperbaiki jaringan listrik. - Antara/Basri Marzuki

Bisnis.com, KUPANG – Hingga saat ini masih tersisa 12 desa di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, yang belum berlistrik, kata Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Flores Bagian Timur PT PLN (Persero) Wilayah NTT, Lambas Pasaribu.

"Dari 160 desa di Sikka, kami sudah melistriki sebanyak 148 desa dan masih tersisa 12 desa yang ada di pulau-pulau kecil yang belum berlistrik," kata Lambas Pasaribu dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Kupang, Senin (15/7/2019).

Di emngutarakan untuk desa-desa yang tersisa ini akan dilistriki secara bertahap dengan mengandalkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) karena tidak terjangkau dengan jaringan listrik yang eksisting di sepanjang Pulau Flores.

Pasaribu mengatakan upaya melistriki rumah-rumah warga desa di kabupaten setempat dapat dilakukan dengan cepat dengan dukungan kerja sama subsidi penyambungan listrik dari pemerintah daerah setempat.

Melalui kerja sama ini, tambahnya, pihaknya telah menyambungkan listrik untuk 376 rumah dan alokasi bantuan tersebut akan ditambah Pemkab Sikka pada 2019 ini. "Sehingga untuk rumah-rumah yang belum berlistrik akan disambung secara bertahap dari desa lalu ditarik jaringan ke dusun-dusun."

Pasaribu mengatakan ketersediaan daya kelistrikan di Kabupaten Sikka saat ini sudah sangat memadai dengan telah beroperasinya PLTM Wairita berkapasitas 40 mega watt (MW).

"Untuk itu ke depan kami juga akan gencar mengundang investor untuk masuk di Sikka karena ketersediaan daya sudah sangat mendukung," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN, listrik

Sumber : Antara
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top