Peredaran Uang Kartal di Sulsel Selama Ramadan dan Idulfitri Sentuh Rp5,46 Triliun

Jumlah ini mencapai 96 persen dari target awal yang sebesar Rp5,66 triliun.
Sitti Hamdana Rahman
Sitti Hamdana Rahman - Bisnis.com 12 Juni 2019  |  16:04 WIB
Peredaran Uang Kartal di Sulsel Selama Ramadan dan Idulfitri Sentuh Rp5,46 Triliun
Warga menunjukkan uang rupiah pecahan kecil di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (13/5/2019). - ANTARA/Abriawan Abhe

Bisnis.com, MAKASSAR -- Bank Indonesia mencatat peredaran uang kartal (tunai) selama Ramadan dan Idulfitri 1440 H di Sulawesi Selatan mencapai Rp5,46 triliun.
 
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan (Sulsel) Bambang Kusmiarso mengatakan realisasi tersebut menyentuh 96 persen dari target awal yang senilai Rp5,66 triliun. Realisasi ini juga meningkat 34 persen, lebih tinggi dibanding tahun lalu yang hanya naik 25 persen.
 
"Hal ini menandakan aktivitas ekonomi di Sulsel berjalan dengan sangat atraktif," ujarnya usai acara halalbihalal di Kantor Perwakilan BI Sulsel, Makassar, Rabu (12/6/2019).
 
Bambang melanjutkan realisasi peredaran uang yang cukup terproyeksi tersebut salah satunya ditopang oleh peningkatan titik penukaran uang.
 
"Tahun lalu, tempat penukaran uang hanya 85 titik, sedangkan tahun ini sebanyak 130 titik. Kali ini, kami juga menggandeng Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan minimarket untuk melayani penukaran uang, tidak hanya bank komersial," sebutnya.
 
Kebutuhan uang kartal saat periode Ramadan dan Lebaran 2019 paling banyak diserap masyarakat di Kota Makassar. Untuk menjangkau wilayah terpencil, BI juga menyediakan kas keliling lewat kapal-kapal yang bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank indonesia, lebaran

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top