Puncak Arus Balik, Tujuh Kapal Bersandar di Pelabuhan Makassar

Guna mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang arus balik yang akan tiba di Pelabuhan Makassar atau Pelabuhan Soekarno Hatta, Pelni telah menyiapkan tujuh kapal dari berbagai rute.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 10 Juni 2019  |  18:32 WIB
Puncak Arus Balik, Tujuh Kapal Bersandar di Pelabuhan Makassar
Ribuan pemudik memadati KM Tidar yang bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku, Sabtu (1/6/2019). Tercatat ribuan pemudik berangkat dari Pelabuhan Ambon menggunakan KM Tidar menuju Pelabuhan Bau-Bau, Makassar dan Surabaya. - Antara/Izaac mulyawan

Bisnis.com, MAKASSAR – PT Pelni Cabang Makassar memprediksi puncak arus balik lebaran 2019 bakal terjadi hari ini, Senin (10/6) hingga Selasa (11/6).

Guna mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang arus balik yang akan tiba di Pelabuhan Makassar atau Pelabuhan Soekarno Hatta, Pelni telah menyiapkan tujuh kapal dari berbagai rute.

GM Pelni Cabang Makassar, Ridwan Mandaliko mengatakan, hari ini ada 4 kapal yang akan membawa ribuan penumpang yang akan turun di Pelabuhan Makassar. Sementara 3 lainnya baru akan tiba pada Selasa besok.

Meski belum bisa mendata jumlah penumpang yang diangkut oleh tujuh kapal pada arus balik tersebut, Ridwan memastikan ada ribuan penumpang arus balik pada periode lebaran Idulfitri 2019 ini yang akan tiba di Pelabuhan Makassar.

"Belum ada data secara total jumlah penumpang puncak arus balik. Sementara ini, hingga H+2 (Jumat) lebaran 2019 sudah ada 2.386 penumpang. Karena Sabtu-Minggu kemarin kami tidak melayani kapal arus balik," ungkap Ridwan, Senin (10/6/2019).

Pada dua hari terakhir setelah lebaran Idulfitri 2019, mulai terlihat peningkatan jumlah penumpang. Khusus KM Nggapulu ada sekitar 300 penumpang turun dan KM Doloronda ada 1.200 penumpang turun.

Selain KM Nggapulu yang melanjutkan perjalanan ke Baubau dan KM Doloronda yang berlanjut ke Surabaya, kapal yang bersandar di Pelabuhan Makassar lainnya yakni KM Bukit Siguntang, KM Wilis, KM Ciremai, KM Lambelu dan KM Tidar.

"Semua kapal Pelni. Asal keberangkatannya dari Surabaya, Maumere dan Reo," sebut Ridwan.

Sementara itu, pada H+5 lebaran 2019, tercatat sebanyak 4.456 orang yang berangkat meninggalkan Makassar melalui Pelabuhan Makassar. Mereka dilayani dengan keberangkatan enam kapal.

Ridwan mengatakan, pihaknya sudah melayani enam kapal dengan tujuan 2 rute yang berbeda. Di antaranya tujuan Surabaya dan Bau-Bau. Di mana Surabaya menjadi rute paling mendominasi.

"Secara total 4.456 orang penumpang. Dengan tujuan paling banyak itu ke Surabaya sekitar 2.668 orang, sedangkan Bau-Bau sebanyak 1.778," Ridwan merincikan.

Hari ini Pelni melayani 700 penumpang KM Umsini tujuan Surabaya, ada juga KM Dorolonda dan dan KM Sinabung. Sementara kapal yang melayani penumpang dengan tujuan Bau-Bau yaitu KM Lambelu, KM Nggapulu, juga KM Dorolonda. (k36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelni

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top