Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Serap Produk Pertanian Lokal, Gubernur Bali Ancam Sanksi Pengusaha

Gubernur Bali I Wayan Koster mengancam berikan sanksi kepada pengusaha pariwisata yang tidak menyerap produk pertanian lokal.
Produk lokal kerap diwacanakan harus bisa masuk pasar modern.
Produk lokal kerap diwacanakan harus bisa masuk pasar modern.

Bisnis.com, DENPASAR – Gubernur Bali I Wayan Koster mengancam berikan sanksi kepada pengusaha pariwisata yang tidak menyerap produk pertanian lokal.

Koster menyampaikan hal tersebut seusai penandatanganan dukungan dan kerja sama kemitraan produsen lokal dengan pelaku usaha untuk mengimplementasikan Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali.

Koster berharap penandatanganan kerja sama tersebut memberikan jaminan pasar dan harga terhadap para petani dan peternak lokal Bali dan agar benar-benar terlaksana di lapangan.

“Jangan cuma teken-teken saja, harus jalan. Kalau tidak jalan buatkan list-nya. Kita kasih sanksi,” katanya, Kamis (23/5/2019).

Kata dia kerja sama ini akan memecahkan masalah tidak terhubungnya antara industri pariwisata dengan sektor pertanian di Bali.

Koster mengatakan sebagai daerah pariwisata, Bali sudah memiliki pasar yang besar. Tetapi, selama ini belum ada kebijakan di hilir yang menghubungkan industri pariwisata dengan sektor pertanian.

Ia menyebut upaya ini juga untuk mengatasi ketimpangan antardaerah dan antarsektor sehingga mencegah terjadinya kecemburuan yang bisa berakibat pada konflik sosial.

“Saya mau mendorong sektor pertanian untuk menyaingi Bangkok, karena kita punya lahan dan petani kita bagus,” ujarnya.

Melalui Pergub Bali No 99 Tahun 2018, hotel, restoran, dan katering wajib memanfaatkan produk pertanian dan perikanan minimal 30% dan industri minimal 20%. Sedangkan pasar swalayan wajib memasarkan untuk produk pertanian minimal 60% serta produk perikanan dan industri minimal 30%.

Pada Inisiasi Kemitraan Implementasi Pergub Bali No 99 Tahun 2018 ini dilakukan penandatanganan surat pernyataan dukungan oleh Ketua PHRI Bali, Ketua Asosiasi Pedagang Retail Indonesia Provinsi Bali dan Ketua Asosiasi Wisata Agro Indonesia Provinsi Bali.

Selain itu dilakukan penandatanganan kerja sama kemitraan antara beberapa kelompok tani, subak, koperasi dan peternak dengan supermarket, hotel, restoran dan pelaku usaha lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper