Pengakses Games Online di Flores Tumbuh 50 Persen

Tiga games yang paling digemari adalah Free Fire, PUBG, dan Mobile Legends yang memberikan andil pemakaian kuota data cukup tinggi.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 22 Mei 2019  |  17:21 WIB
Pengakses Games Online di Flores Tumbuh 50 Persen
GM Sales Telkomsel Regional Bali Nusra Anandoz Bangsawan (kanan) dan Heribertus A Ariyanto, General Manager Digital Product Area Exansion Jawa-Bali (kedua kanan) dalam acara Digital & Device Exhibition di Denpasar, Rabu (22/5/2019). - Bisnis/Ema Sukarelawanto

Bisnis.com, DENPASAR—PT Telkomsel mencatat pertumbuhan pengakses games online di wilayah Bali dan Nusa Tenggara cukup tinggi, bahkan di Flores tercatat 50% atau di atas Denpasar yang hanya 30%.

GM Sales Telkomsel Regional Bali Nusra Anandoz Bangsawan mengatakan pertumbuhan dunia permainan daring ternyata tidak didominasi kota besar tetapi juga di kota kecil.

“Selain Flores, pertumbuhan dunia games online juga terjadi di Mataram dan Kupang yang menunjukkan penggunaan layanan data cukup tinggi,” katanya, Rabu (22/5/2019).

Menurut Anandoz operator pelat merah ini telah mengantisipasi dengan penguatan jaringan 4G yang berkualitas sehingga mendukung kebutuhan para pecandu permainan daring ini.

Ia menyebut untuk mewadahi minat para gamers secara rutin menggelar kompetisi seperti yang dilakukan dalam program ‘Digital & Device Exhibition’ di Mall Level 21 Denpasar 20-26 Mei 2019.

Kata dia selain penyediaan jaringan berkualitas untuk layanan data, yang tak kalah penting adalah penyediaan perangkat (device) pendukung dengan mengandeng Cellular World serta mitra distibutor Oppo, Vivo, Samsung, dan Huawei.

Heribertus A Ariyanto, General Manager Digital Product Area Exansion Jawa-Bali mengatakan saat ini pengguna layanan data di Bali, NTB, dan NTT mencapai 2,5 juta pelanggan atau 33% dari total 7,5 juta pelanggan.

Ia menyebut tiga games yang paling digemari adalah Free Fire, PUBG, dan Mobile Legends yang memberikan andil pemakaian kuota data yang cukup tinggi.

Selain permaianan daring, penggunaan data juga tercatat untuk layanan video Maxstream yang menyediakan ribuan film, hiburan, sport, pendidikan dan sinema yang diproduksi Telkomsel.

“Animo yang tinggi terhadap Maxstream ini membuat Telkomsel fokus untuk menggarap konten yang menarik, begitu juga untuk layanan Langit Musik yang bisa didengarkan tanpa kuota data,” katanya.

Untuk mendukung pelanggan dalam menikmati beragam layanan data Telkomsel, hingga kini telah menyediakan lebih dari 1.600 BTS 4G dan lebih dari 1.600 BTS 3G yang tersebar di wilayah Bali dan sekitarnya. Sedangkan jumlah pelanggan broadband Telkomsel di wilayah Bali hingga kini mencapai angka lebih dari 1 juta pelanggan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telkomsel, game online

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top