Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Tiket Mudik Lebaran KA Daop 8 Masih 58 Persen

Tiket kereta api mudik Lebaran di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 terjual 58% dari total 530.266 tiket yang tersedia.
Calon penumpang mengisi formulir pemesanan tiket kereta api di Stastiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (17/3)./Antara-Aprillio Akbar
Calon penumpang mengisi formulir pemesanan tiket kereta api di Stastiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (17/3)./Antara-Aprillio Akbar

Bisnis.com, SURABAYA – Penjualan tiket kereta api untuk mudik Lebaran di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 8 Surabaya hingga saat ini masih mencapai 58% dari total 530.266 tiket yang tersedia.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan pemesanan tiket kereta jarak jauh dan menengah regular per 7 Mei 2019 baru sekitar 308.972 tiket. Padahal KAI menyediakan kursi 530.266 tiket untuk H-10 sampai H+10 Lebaran (26 Mei – 16 Juni).

“Masih belum tingginya angka penjualan tiket lebaran KA jarak jauh/menengah ini disebabkan karena wilayah Daop 8 Surabaya merupakan daerah tujuan dari pemudik pada arus mudik,” katanya, Selasa (7/5/2019).

Dia menjelaskan karakteristik para penumpang pada angkutan lebaran seperti pada tahun-tahun sebelumnya yakni ketika sebelum Lebaran didominasi oleh arus penumpang KA dari arah barat ke timur (dari Jawa Barat/ DKI Jakarta menuju Jateng/Jatim).

Sedangkan pada masa setelah Lebaran, penumpang KA didominasi oleh penumpang dari arah timur ke barat (dari Jatim menuju Jateng/Jabar) atau disebut arus balik.

“Artinya pemesanan tiket dari Daop 8 lebih banyak untuk perjalanan setelah Lebaran atau arus balik. Ini bisa terliha dari lonjakan pemesanan tiket untuk keberangkatan KA pada H Lebaran ke-1 (5 Juni 2019) sampai H+10 (16 Juni 2019) yang sudah diatas 50 persen,” katanya.

Pemesanan tiket pada arus balik terbanyak ada di H+2 dan H+3 dengan capaian penjualan tiket sampai 81 persen dan 85 persen dengan okupansi mencapai 20.695 tiket untuk H+3 dengan total tiket yang tersedia setiap harinya berjumlah 24.414 tiket.

Adapun KAI Daop 8 telah menyiapkan 83 KA jarak jauh/menengah reguler dan 8 KA tambahan yang beroperasi selama masa angkutan lebaran dengan total 530.266 tiket. Sejumlah kereta tambahan di antaranya seperti KA Gajayana relasi Malang – Gambir, KA Sembrani relasi Surabaya Pasarturi – Gambir, KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng- Yogyakarta, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong (Bandung), KA Matarmaja relasi Malang - Pasar senen (Jakarta).

Selain itu juga ada KA tambahan lainnya, KA Kertajaya relasi Surabaya pasar turi - Pasarsenen (Jakarta), KA Jayakarta Extra SGU - ML relasi Surabaya Gubeng – Malang, KA Jayakarta Extra ML-SGU relasi Malang - Surabaya Gubeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper