Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Bumi, Bupati Tabanan Targetkan Punya 10 Minimarket Sampah

Acara ini merupakan puncak acara Hari Bumi yang merupakan kerja sama Pemerintah Kabupaten Tabanan, Yayasan Inspirasi Anak Bangsa, dan PT HM Sampoerna Tbk.
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memberikan sambutan dalam acara Gelar HATI Tabanan (Gelar Hijau Aksi & Tanam Inspirasi Tabanan) di Tabanan, Kamis (2/5/2019)./Istimewa
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memberikan sambutan dalam acara Gelar HATI Tabanan (Gelar Hijau Aksi & Tanam Inspirasi Tabanan) di Tabanan, Kamis (2/5/2019)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menargetkan daerahnya punya 10 minimarket sampah dalam upaya untuk menekan volume limbah plastik.

Hal itu disampaikan saat memeringati Hari Bumi dengan cara melakukan bersih-bersih lingkungan di sekitar Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Bali, Kamis (2/5), bersama sekitar 500 warga Tabanan.

Bupati Tabanan mengatakan, pihaknya turut mendukung upaya Pemerintah Provinsi Bali dalam menerapkan Peraturan Gubernur Bali No. 97 Tahun 2018 yang bertujuan menekan volume limbah plastik.

Salah satunya melalui program minimarket sampah, di mana para warga dapat berbelanja kebutuhan dengan menggunakan sampah. “Saya menargetkan memiliki 10 minimarket sampah,” ujarnya di sela-sela acara bersih-bersih lingkungan, seperti dikutip dari keterangan pers, Jumat (3/5/2019).

Acara ini merupakan puncak acara Hari Bumi yang merupakan kerja sama Pemerintah Kabupaten Tabanan, Yayasan Inspirasi Anak Bangsa, dan PT HM Sampoerna Tbk. Turut hadir aktivis lingkungan Andi Fadly Arifuddin, yang juga vokalis grup musik PADI

Ni Putu Eka mengatakan, pihaknya gencar melakukan pelatihan daur ulang sampah kepada warga. Pelatihan yang turut dibantu pihak swasta, termasuk Sampoerna, turut dilengkapi dengan mesin cacah plastik dan kompos.

“Dalam menyelesaikan permasalahan sampah, jangan sampai ada jalan buntu. Setiap limbah plastik harus bisa di-recycle terus,” lanjutnya.

Ia juga menggandeng Sampoerna dan pihak lainnya dalam mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah yang mendaur ulang material plastik menjadi produk ramah lingkungan.

Sementara itu, Manajer Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Sampoerna Arga Prihatmoko mengatakan, pihaknya berkomitmen mendukung berbagai upaya pelestarian lingkungan, termasuk yang dilakukan Pemkab Tabanan.

Salah satunya melalui program yang fokus pada kepemimpinan, sarana dan prasarana, penguatan jaringan, dan berbagi pengetahuan. Acara serupa telah dilakukan di Kabupaten Kepulauan Morotai, Kota Balikpapan.

“Kami berharap kegiatan hari ini dan program yang telah dilaksanakan dapat mendukung inisiatif-inisiatif positif yang telah dilakukan semua pemangku kepentingan terkait di Kabupaten Tabanan sehingga kedepannya dapat tercapai visi misi pengembangan Kapubaten yang telah dicanangkan,” katanya.

Aktivis lingkungan Fadli ‘PADI’ turut menyerukan kepada para generasi muda untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan.

“Bumi bukanlah bagian dari kita. Kitalah yang merupakan bagian dari Bumi. Maka itu, kita harus bersama-sama menjaga lingkungan sehingga dapat terus dihuni oleh generasi-generasi mendatang,” kata pelantun lagu Mahadewi itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper