Jangkauan Indosat di Jatim dinaikkan 2,4 Kali saat Mudik Lebaran

Indosat Ooredoo Jatim meningkatkan cakupan layanan sebesar atau 2,4 kali menjadi 91% pada mudik Lebaran tahun ini.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 25 April 2019  |  18:00 WIB
Jangkauan Indosat di Jatim dinaikkan 2,4 Kali saat Mudik Lebaran
Logo Indosat Ooredoo di kantor pusat PT Indosat Tbk. - Indosat

Bisnis.com, MALANG—Indosat Ooredoo Jatim meningkatkan cakupan layanan sebesar atau 2,4 kali menjadi 91% pada mudik Lebaran tahun ini.

DH East Java Bali Nusra PT Indosat Ooredoo Sonny Witjaksono mengatakan untuk meningkaktan cakupan menjadi 91% pada mudik Lebaran, maka BTS 4G Plus juga telah dan akan ditambah.

“Untuk kenaikan lalu-lintasnya, diperkirakan mencapai 10%-20% selama mudik Lebaran,” kata Sonny di sela-sela Uji Jaringan Indosat di Malang, Kamis (25/4/2019).

Secara jaringan, dia yakinkan, dari hasil uji menunjukkan kinerja yang baik. Uji jaringan di Alun-alun Kota Malang menunjukkan angka 62,7 Mbps untuk kecepatan maksimal download.

Kota Malang menjadi lokasi uji coba jaringan karena merupakan tujuan mudik yang penting pada musim mudik Lebaran. Di Jatim, selain Malang, juga Banyuwangi, serta eks-Karesidenan Kediri dan Madiun.

Yang juga tinggi lalu-lintas penggunaan, pada objek-objek wisata setelah hari H Lebaran. Dari uji coba tersebut menunjukkan bahwa pemudik pengguna Indosat diharapkan bisa nyaman saat membutuhkan layanan data, voice, maupun SMS.

Secara nasional, konstribusi Indosat Jatim Oorade terhadap pemakaian data, voice, dan SMS mencapai 20%.

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Dejan Kastelic menegaskan Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya untuk dapat mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi yang selalu meningkat di masa-masa Ramadan dan perayaan Lebaran.

Seiring dengan tren digital dan penggunaan media sosial masyarakat yang terusmeningkat, kesiapan kapasitas layanan data menjadi hal yang sangat penting, dimana perusahaan telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18.4 Terabyte/hari. “Kapasitas data yang disiapkan ini untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yag diprediksi meningkat sebesar 15-20%,” katanya dalam keterangan resminya, Kamis (25/4/2019).

Untuk kapasitas layanan SMS disiapkan hingga 975 juta SMS / hari, dan kapasitas layanan suara disiapkan hingga 37 juta Erlang/hari. Kedua trafik suara dan SMS ini juga sudah diperhitungkan untuk prediksi peningkatkan trafik yang mungkin terjadi.

”Kami sangat memahami kebutuhan telekomunikasi yang handal selama masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi seiring dengan meningkatnya aktifitas masyarakat selama Ramadan dan Lebaran,” ucapnya.

Kesiapan kapasitas jaringan telekomunikasi ini juga didukung dengan penggelaran infrastruktur jaringan 4G Plus yang semakin meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan berkomunikasi di jaringan Indosat. Penambahan sumber daya yang akan melakukan monitoring jaringan menjadi komitmen kami untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat kami antisipasi semakin baik di momen penting tersebut.

Kesiapan jaringan Indosat Ooredoo untuk Ramadhan dan Lebaran ditunjukkan melalui kegiatan uji jaringan yang dilakukan tidak hanya di Jawa namun juga di beberapa kota di luar Jawa, sebagai bagian dari kesiapan jaringan secara nasional di seluruh Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
indosat, Mudik Lebaran, indosat ooredoo

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top