Bikin Program Diskon, PDAM Surabaya Percepat Sambungan Air Warga

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya menyiapkan sejumlah program untuk mempercepat pemenuhan cakupan sambungan rumah (SR) warga agar teraliri hingga 100 persen dari seluruh penduduk.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 29 Maret 2019  |  05:19 WIB

Bisnis.com, SURABAYA - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya menyiapkan sejumlah program untuk mempercepat pemenuhan cakupan sambungan rumah (SR) warga agar teraliri hingga 100 persen dari seluruh penduduk.

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Mujiaman mengatakan hingga saat ini masih ada sekitar 10.000 rumah warga yang belum teraliri air PDAM.

"Program yang kami buat ini demi membantu warga dengan pendapatan rendah sekaligus sebagai kado istimewa dalam menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 726," katanya dalam rilis, Kamis (28/3/2019).

Dia mengatakan masih banyaknya rumah warga yang belum teraliri air PDAM ini karena menurut survei, warga tersebut keberatan dengan biaya pemasangan.

"Untuk itu program yang kami buat adalah program diskon besar-besaran pasang air PDAM, dan kemudahan pemasangan," imbuhnya.

Adapun 3 program yang diluncurkam PDAM Surabaya yakni diskon pasang baru sambungan rumah yang awalnya Rp1,75 juta menjadi disesuaikan dengan besaran daya listrik rumah warga.

Khusus rumah dengan listrik 450 watt biaya pasangnya barunya hanya Rp200.000, lalu 900 watt biaya pasang barunya Rp300.000, sedangkan 1.300 watt cukup Rp600.000 sedangkan 2.200 watt biaya pasangnya Rp1 juta.

Sementara program kedua adalah pemasangan pipa jaringan tersier gratis, yang dulunya berbayar, dan program ketiga adalah pemasangan master meter gratis, hal ini untuk warga dengan status tanah belum memenuhi legalitas yang disyaratkan.

"Tapi program ini tidak berlaku di kawasan industri dan real estate, untuk ruko, kos dan persil usaha akan dikenakan tambahan biaya sarana investasi karena mereka sudah mampu, maka kita kecualikan dan itu sudah diatur dalam undang-undang,” imbuhnya.

Mujiaman menambahkan, untuk mendukung program tersebut, PDAM sudah melakukan pemasangan pipa jaringan distribusi sepanjang 13.939 meter dan juga memaksimalkan kehandalan jaringan pipanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pdam jatim

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top