Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PD Pasar Denpasar Targetkan Pendapatan Rp38,9 Miliar

Perusahaan Daerah Pasar Denpasar menarget pendapatan senilai Rp38,9 miliar pada 2019 atau meningkat 18% dibanding realisasi tahun lalu.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, DENPASAR – Perusahaan Daerah Pasar Denpasar menarget pendapatan senilai Rp38,9 miliar pada 2019  atau meningkat 18% dibanding realisasi tahun lalu.

Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Denpasar IB Kompyang Wiranata memerinci realisasi pendapatan pada 2018 adalah senilai Rp32,8 miliar atau meningkat 13% dari realisasi tahun lalu.

Peningkatan ini dikarenakan tidak lagi adanya kebocoran penerimaan retribusi yang dilakukan dari petugas lapangan.

Apalagi, ada 3 pasar di Denpasar yakni Pasar Ketapian, Pasar Gunung Sari, dan Pasar Lokitasari yang sudah menerapkan pungutan online.

Rencananya, retribusi online ke pedagang ini juga akan dilakukan di seluruh pasar Denpasar yang berjumlah 16 unit pada 2019.

Menurutnya, retribusi online ini telah terbukti memaksimalkan pendapatan PD Pasar. Tidak lagi ditemukan adanya kecurangan pungutan yang dilakukan oleh petugas di lapangan.

“Selama ini namanya petugas di bawah ada kecoboran, sekarang kita maksimalkan dengan pungutan online,” katanya kepada Bisnis, Selasa (19/2/2019).  

Selain itu, PD Pasar juga makin memperbesar kesempatan bisnis pedagang lewat membuka kesempatan berjualan bagi pedagang bermobil.

Rencanaya, lahan eks Tiara Grosir yang ada di Jalan Cokroaminoto juga akan disulap menjadi lokasi berjualan pedagang bermobil.

Sebelumnya, lokasi tersebut digunakan untuk menampung pedagang Pasar Badung yang terdampak kebakaran gedung pada 2016 lalu.

“Kita juga membuka ushaa lain yakni memberikan pinjaman ke pedangang, ini juga berpotensi meningkatkan pendapatan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper