Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Badung Bali Minati Magang Kerja ke Jepang

Para calon tenaga kerja warga Kabupaten Badung sangat meminati magang kerja di Jepang yang ditawarkan melalui pemkab setempat.
Kerja magang/Istimewa
Kerja magang/Istimewa

Bisnis.com, MANGUPURA—Para calon tenaga kerja warga Kabupaten Badung sangat meminati magang kerja di Jepang yang ditawarkan melalui pemkab setempat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung Ida Bagus Oka Dirga mengatakan setiap pembukaan penawaran magang kerja ratusan peminat memasukkan lamaran.

“Awal tahun ini hanya ada 15 lowongan magang kerja ke Jepang,” katanya, Rabu (9/1/2019).

Menurut Oka Dirga tawaran magang ini merupakan bagian dari upaya pemkab untuk meningkatkan sumber daya manusia agar bisa belajar sambil bekerja di luar negeri. 

Kata dia beberapa bidang yang dimagangkan adalah pertanian, perkebunan, pengolahan bahan makanan , peternakan dan kontruksi. 

Mereka yang lolos magang akan diberikan pelatihan dan penempatan di sejumlah industri di Jepang selama tiga tahun.

Mereka mendapat  cuti selama 10 hari pertahun dengan waktu kerja enam hari seminggu dan delapan jam per hari serta lembur dibayar per jam.

Ia menyebut kesempatan magang ini bisa diperpanjang selama dua tahun.

“Jadi mereka bisa magang selama lima tahun dan kembali dari magang juga kita biayai sehingga uang yang terkumpul bisa digunakan sebaagi modal untuk berwirausaha sesuai dengan keahlian pada saat magang,” jelasnya.

Oka Dirga mengatakan para peserta magang mendapatkan gaji Rp10 juta hingga Rp25 juta sesuai dengan tempat kerja, jenis pekerjaan, dan jam kerja.

Pelamar magang harus tamat SMA, ber-KTP Badung,  usia minimal 18 tahun dengan maksimal 28 tahun, sehat rohani dan jasmani bisa berbahasa Jepang.

“Yang belum bisa berbahasa Jepang kami fasilitasi ikut kursus singkat pada Februari-April,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper