Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Joni, Si Pemanjat Tiang Bendera dari Belu, Akhirnya Pulang ke NTT

Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Robert Simbolon menyambut kepulangan Yohanes Ande Gala, bocah pemanjat tiang bendera dalam upacara pengibaran Merah Putih di Pantai Mota'ain, Kabupaten Belu.
Presiden Jokowi dan  Yohanes Andekala Marcal Lau alias Joni Gala/Biro Pers Setpres
Presiden Jokowi dan Yohanes Andekala Marcal Lau alias Joni Gala/Biro Pers Setpres

Bisnis.com, KUPANG - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur  (NTT) Robert Simbolon menyambut kepulangan Yohanes Ande Gala, bocah pemanjat tiang bendera dalam upacara pengibaran Merah Putih di Pantai Mota'ain, Kabupaten Belu.

 Yohanes Ande Gala (14) bersama kedua orangtuanya tiba di Bandara El Tari Kupang sekitar pukul 13.00 Wita menggunakan pesawat Batik Air.

 Kedatangan Joni langsung disambut Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon bersama Kepala Biro Umum Sekda N. Zakarias Moruk yang menunggu di bawah tangga pesawat.

 Selanjutnya, dia disambut Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man, Kapolres Kupang Kota AKBP Anthon C. Nugroho bersama Wakilnya Kompol Jacky Umbu, serta para pejabat dari Forkopimda Kupang.

"Joni dikasih apa sama Bapak Presiden?" tanya Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon ketika merangkul Joni dan keduanya berjalan menuju Gedung VIP Bandara El Tari Kupang.

 "Saya dikasih sepeda dan rumah sama Bapak Presiden" jawab Joni sambil tersenyum.

 Robert Simbolon kemudian membawa Joni bersama-sama menumpangi mobil dinas gubernur menuju Rumah Jabatan Gubernur NTT untuk mengikuti sejumlah acara penyambutan.

Sebelumnya, nama Yohanes Ande Gala atau Joni mendadak viral di berbagai jejaring media sosial dan diperbincangkan publik karena aksinya menyelamatkan Upacara HUT Ke-73 RI di Pantai Mota'ain, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste.

 Joni menunjukkan aksi heroiknya dengan memanjat tiang bendera setinggi 20 meter untuk mengambil tali pengikat Merah Putih yang terlepas saat hendak dikibarkan.

 Aksi pelajar kelas VII SMP Negeri Silawan itu pun langsung mendapat banjir pujian dari publik, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

 Joni lalu diundang Menteri Imam Nahrawi dan diberangkatkan ke Jakarta ditemani kedua orangtuanya pada Minggu (19/8/2018).

Di Jakarta, Joni diajak untuk menyaksikan acara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan menerima sejumlah penghargaan dan hadiah dari pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper