Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang IMF-WB Annual Meeting, Jokowi Bakal Resmikan GWK Bulan Depan

Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan patung Garuda Wisnu Kencana dan beberapa proyek infrastruktur pendukung IMF-World Bank 2018 pada 22 September 2018.
Garuda Wisnu Kencana/Feri Kristianto
Garuda Wisnu Kencana/Feri Kristianto

Bisnis.com, MANGUPURA -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan patung Garuda Wisnu Kencana dan beberapa proyek infrastruktur pendukung IMF-World Bank Annual Meeting 2018 pada 22 September 2018.
 
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pembangunan Garuda Wisnu Kencana (GWK) telah rampung 99%. Sembari menunggu peresmian oleh Presiden pada September 2018, sudut GWK akan didekorasi dan dipoles sedemikian rupa. 

Seluruh 735 modul patung GWK telah dipasang pada Juli 2018. Sebagai penutup dalam penyelesaiannya, diadakan upacara Melaspas yang merupakan ritual penyucian menurut kepercayaan Hindu pada Rabu (8/8/2018).
 
"Proses pembangunan hampir 28 tahun, sekarang sudah resmi tinggal menunggu diresmikan lagi oleh Presiden pada 22 September 2018," ujarnya, Rabu (8/8).
 
Sementara itu, beberapa proyek infrastruktur lain pendukung IMF-World Bank 2018 juga dipastikan akan rampung pada September 2018 agar bisa diresmikan Jokowi. Misalnya, perluasan apron Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai untuk tahap awal seluas 5 hektare (ha) yang bisa menambah kapasitas hingga 1,2 juta penumpang. 
 
Selain itu, proyek sanitary landfill Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung juga akan rampung bulan depan. Hanya saja, proyek waste to energy di sana masih dalam proses tender dengan anak perusahaan PT PLN (Persero) yakni PT Indonesia Power. 
 
Underpass Ngurah Rai dan Cruise Terminal di Pelabuhan Benoa juga dijadwalkan rampung pada September 2018. 
 
"Hampir bersamaan juga semuanya, jadi September 2018 Presiden datang, kita manfaatkan," tambah Luhut. 

Adapun gelaran IMF-World Bank 2018 akan berlangsung pada 12-14 Oktober 2018. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper