Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Pasar Badung Tahap II Mulai Digarap

Pembangunan Pasar Badung tahap II sudah dimulai sejak 25 April lalu dan ditarget memakan waktu 240 hari kalender atau rampung pada 20 Desember 2018.
Suasana pasar/Feri Kristianto
Suasana pasar/Feri Kristianto

Bisnis.com, DENPASAR – Pembangunan Pasar Badung tahap II sudah dimulai sejak 25 April lalu dan ditarget memakan waktu 240 hari kalender atau rampung pada 20 Desember 2018.

Plt. Kadis PUPR Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimy Sidarta mengatakan pengerjaan fisik yang menggunakan Dana APBD Kota Denpasar ini kembali dikerjakan oleh PT Nindya Karya yang juga merupakan kontraktor pembangunan tahap pertama. Adapun nilai kontrak proyek tahap kedua yakni sebesar Rp61 miliar.

“Kalau desain dan sanitasi sudah mengaju pada peraturan bangunan gedung sehingga dipastikan keamanan dan kebersihannya,” katanya kepada Bisnis, Selasa (15/5/2018).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan lanjutan Pasar Badung Agus Sudarma menyebutkan bahwa pada tahap pembangunan lanjutan Pasar Badung ini total terdapat tiga bidang pekerjaan yang terdiri atas 33 skup pekerjaan. Dengan rampungnya seluruh skup pekerjaan ini, maka secara otomatis pembangunan Pasar Badung telah selesai keseluruhan.

Tiga bidang pokok pekerjaan yang akan dilaksanakan yakni pengerjaan struktur prestress, pengerjaan arsitektural dan struktur konvensional, serta pengerjaan mekanikal dan plumbing.

“Ada tiga bidang yang terdiri atas 33 skup pekerjaan yang akan dilaksanakan pada pembangunan lanjutan Pasar Badung ini, termasuk penambahan dua lantai hingga finishing, kami berharap doa restu dan dukungan semua pihak agar pembangunan lanjutan Pasar Badung ini dapat berjalan lancar dan sesuai harapan,” katanya.

Ketua Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Denpasar Agus Sastrawan mengatakan bahwa Pembangunan Tahap I Pasar Badung merupakan proyek percontohan pengawalan dan pengawasan terhadap berbagai pelaksanaan proyek fisik di Kota Denpasar.

“Proyek pembangunan Pasar Badung Tahap I telah selesai dengan baik, dan kini menjadi percontohan proyek di seluruh Kota Denpasar,” sebutnya.

Jika pembangunan pasar terbesar di Bali ini rampung, nantinya akan ada enam lantai yang terdiri atas dua lantai basement bawah tanah serta empat lantai untuk los dan kios. Adapun total seluruh kios dan los yang tersedia mencapai 1.740 unit dengan daya tampung parkir 128 mobil dan 23 mobil box.

Selain itu, Pasar Badung yang baru juga turut akan dilengkapi 10 eskalator, 4 lift serta fasilitas pemadaman api ringan, serta penunjuk arah evakuasi dan titik aman untuk memudahkan pedagang dalam mobilisasi barang dan pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper