Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Karangasem Pulihkan Kunjungan Wisatawan Gunakan Media Sosial

Para pelaku usaha pariwisata di Kabupaten Karangasem melakukan pemulihan kunjungan wisman dengan mengontak jaringan di luar negeri menggunakan aplikasi perpesanan dan media sosial.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, DENPASAR—Para pelaku usaha pariwisata di Kabupaten Karangasem melakukan pemulihan kunjungan wisman dengan mengontak jaringan di luar negeri menggunakan aplikasi perpesanan dan media sosial.

Ketua PHRI Kabupaten karangasem Wayan Tama mengatakan telah mendorong pelaku wisata untuk melakukan cara yang cepat dan efektif, terutama untuk mengejar kesempatan mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya di akhir tahun.

“Para pengelola hotel dan destinasi wisata juga aktif meminta testimoni dari wisatawan asing yang ada di Karangasem untuk disebarkan melalui twitter, instagram, dan facebook,” katanya, Senin (20/11/2017).

Menurut Tama semua upaya dilakukan untuk menebus kehilangan pendapatan selama status awas Gunung Agung sekitar 5 pekan pada Oktober lalu. Dia yakin dengan cara-cara kekinian tersebut sedikit demi sedikit hasilnya mulai dirasakan, respons mitra bisnis di luar negeri juga mulai terlihat.

Kata dia selama status awas telah kehilangan sekitar 3.000 'room nigh't jika diakumulasikan dengan transportasi dan pembelanjaan lain, usaha wisata di Karangasem kehilangan sekitar Rp4,5 miliar.

Tama menjelaskan pascapencabutan status awas Gunung Agung akhir Oktober sejumlah destinasi wisata telah dibuka kembali. Kini Kawasan rawan bencana meliputi radius 7,5 kilometer dari kawah gunung.

Tempat ibadah terbesar yakni Pura Besakih telah dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan, begitu pula lokasi penyelaman di Pantai Tulamben. “Kami langsung telah menginformasikan hal ini kepada kolega dan sejauh ini responsnya positif. Kami yakin libur Natal dan Tahun Baru kembali normal,” katanya.

Destinasi wisata lain yang tak kalah menarik, lanjut Tama, seperti Pantai Amed, Candidasa, dan desa wisata Sidemen serta Mahagiri yang memiliki pemandangan Gunung Agung juga menjadi bagian dari informasi yang disebarkan kembali melalui network para pengusaha wisata.

Kini Karangasem yang memiliki 213 hotel yang terdiri 6 hotel berbintang dan 201 hotel nonbintang dengan total 1.360 kamar berkapasitas 5.047 orang terus berbenah untuk menyambut kedatangan tamu libur Natal dan Tahun Baru.

Ketua Kadin Kabupaten Karangasem Ida Wayan Cakra Wedha Kusuma mengatakan para pengusaha saling bersinergi dan melakukan daya upaya untuk memulihkan kembali kondisi perekonomian wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper