Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lighthouse School Program Diterapkan di SMAN 1 Kintamani

SMA Negeri 1 Kintamani menerapkan Lighthouse School Program atau LSPO yang merupakan inisiatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam program pengembangan sekolah menengah umum di Kabupaten Bangli.
Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)
Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Bisnis.com, DENPASAR--SMA Negeri 1 Kintamani menerapkan Lighthouse School Program atau LSPO yang merupakan inisiatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam program pengembangan sekolah menengah umum di Kabupaten Bangli.

Direktur Putera Sampoerna Foundation–School Development Outreach (PSF-SDO) Gusman Yahya mengatakan program yang diinisiasi oleh Grup Usaha Tegas Malaysia mendapat dukungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali sebagai penanggung jawab jenjang pendidikan menengah atas dan PSF-SDO yang merupakan bagian dari Sampoerna University, sebagai perancang dan pelaksana program.

“Lighthouse School Program adalah program peningkatan kualitas sekolah melalui pendekatan yang intensif, komprehensif dan kolaboratif untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel,” katanya, dikutip dari rilis, Minggu (9/12/2018).

Menurut Gusman pelaksanaan LPS ini didukung oleh guru-guru berkualitas, terutama pada bidang science, technology, engineering, and mathematics (STEM) serta Bahasa Inggris.

Melalui LSP, guru dan tim manajemen sekolah didorong untuk menerapkan praktik terbaik pembelajaran internasional. Program ini diharapkan juga dapat mempersiapkan sekolah menjadi sekolah rujukan bagi sekolah-sekolah di sekitarnya.

Kata dia program kemitraan dalam mewujudkan sekolah rujukan di Kabupaten Bangli ini telah berlangsung selama 1 tahun dari tiga tahun yang direncanakan. Selama satu tahun program berjalan, serangkaian kegiatan sudah dilakukan antara lain penguatan kemampuan manajerial bagi kepala sekolah dan tim manajemen sekolah, pelatihan dan pendampinganguru agar dapatmengajar di kelas dengan efektif.

PSF-SDO juga melakukan beberapa kegiatan lain seperti pembenahan tata kelola laboratorium IPA, dan pembentukan karakter dan peningkatan minat baca siswa melalui berbagai pembiasaan. Semua kegiatan tersebut dilakukan dengan dukungan penuh dari Group Usaha Tegas Malaysia dan Dinas Pendidikan Provinsi Bali.

Secara umum, fokus program di tahun pertama diarahkan untuk meningkatkan kapasitas pedagogis dasar setiap guru mata pelajaran dan pengembangan tim manajemen sekolah. Salah satu inovasi tata kelola sekolah yang diterapkan adalah kegiatan “Three Way Conference” sebagai kegiatan rutin sekolah.

Kata Gusman sebagai salah satu inisiatif dari LSP, SMAN 1 Kintamani telah berhasil bermitra dengan Margareth River Senior High School di Perth, Western Australia sebagai “sister school”.

“Melalui kemitraan ini, kedua sekolah dapat saling bertukar pengalaman dalam hal pengembangan kemampuan guru, siswa dan peningkatan kualitas pembelajaran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler