Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Mataram Siapkan Desain Penataan Taman Ceria

Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah menyiapkan desain penataan Taman Ceria yang berada di bagian ujung Utara greenbelt Jl. Udayana, sebagai ajang edukasi dan rekreasi warga kota.
Ilustrasi taman kota/Reuters-Morris Mac Matzen
Ilustrasi taman kota/Reuters-Morris Mac Matzen

Bisnis.com, MATARAM – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah menyiapkan desain penataan Taman Ceria yang berada di bagian ujung Utara greenbelt Jl. Udayana, sebagai ajang edukasi dan rekreasi warga kota.

"Kami saat ini telah menyiapkan dua desain, untuk penataan Taman Ceria yang biayanya bersumber dari dana tanggung jawab sosial (corporate sosial responsibility-CSR) asuransi jiwa FWD," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Mataram, M. Kemal Islam, di Mataram, Jumat.

Dia mengutarakan dua konsep penataan Taman Ceria yang disiapkan itu meliputi konsep pertama penataan areal bermaian anak secara khusus, dan konsep kedua adalah penataan secara menyeluruh.

"Dua konsep tersebut sebagai dasar pengajuan ke pihak perusahaan untuk dilakukan penataan secara bertahap," ucapnya.

Dalam proses penataan Taman Ceria, Pemkot Mataram hanya memberikan konsep, sementara untuk pengerjaannya dilakukan oleh pihak ketiga yang ditunjuk oleh perusahaan bersangkutan.

"Kita tidak menerima bantuan dalam bentuk dana tunai, melainkan terima jadi sesuai konsep yang mereka pilih," kata Kemal.

Taman Ceria ini awalnya bernama Taman Lansia dengan luas areal sekitar 20 hektare, ide pembangunan taman itu karena melihat aktivitas para lansia, terutama para pensiunan yang mengisi waktu luang dengan berolahraga dan bermain bersama cucu-cucu mereka.

Oleh karena itu, pihaknya membangun fasilitas olahraga bagi lansia. Dinas Perkim juga menyiapkan lahan untuk bermain anak-anak yang representatif salah satunya kolam pasir.

"Dengan demikian saat cucu-cucu mereka bermain, lansia bisa berolahraga dengan fasilitas yang disediakan," ujar Kemal.

Selain itu, terdapat fasilitas lain seperti toilet yang memadai bagi lansia dan penyandang disabilitas sehingga taman ini benar-benar layak untuk lansia dan anak-anak.

"Dengan perubahan nama kita mengharapkan pemanfaatan taman tersebut bisa lebih luas, tidak hanya sebatas untuk kalangan lansia," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper