Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Denpasar Luncurkan Website Database Pegawai

Pemkot Denpasar meluncurkan aplikasi Amatya yang berfungsi untuk mengetahui data base pegawai.
Pegawai Negeri Sipil/Antara
Pegawai Negeri Sipil/Antara

Bisnis.com, DENPASAR--Pemkot Denpasar meluncurkan aplikasi Amatya yang berfungsi untuk mengetahui data base pegawai.

Kepala BKPSDM Denpasar Ketut Mester mengatakan berdasarkan hasil evaluasi dalam bidang pelayanan administrasi kepada ASN di Kota Denpasar masih ditemukan adanya ketidaktahuan aparat terkait masa tugas mereka.

Contohnya, aparat tidak mengetahui kapan yang bersangkutan naik pangkat, menerima gaji berkala, berhak atas penghargaan satya lancana, dan kapan mereka pensiun.

"Untuk meminimalisasi terjadinya permasalahan seperti dimaksud, maka dengan adanya  aplikasi amatya Aplikasi Amatya sebagai penunjang manajemen kepegawaian tidak ada alasan lagi mereka tidak mengetahui kapan proses kenaikan pangkat misalnya," ujarnya, Selasa (27/11/2018).

Kabid Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan Oka Wiranata menjelaskan aplikasi penunjang kepegawaian berbasis web browser ini dapat diakses melalui internet. Pegawai bisa mengecek menggunakan gawai berbasis android mengetik amatya.denpasarkota.go.id.

Selain informasi data pribadi, para ASN juga dapat melakukan koreksi data pribadi, apabila terjadi kesalahan data. Namun, aturan pengeditan data diri akan ditentukan lebih lanjut. Oka menjelaska sejauh mana ASN dapat melakukan koreksi terhadap data yang ditampilkan, sehingga data pokok tentang administrasi seorang ASN dapat dijamin keamanannya.

Bagi pengelola kepegawaian di masing-masing perangkat daerah akan diberikan user id dan password termasuk juga pimpinan perangkat daerah  dengan mengakses aplikasi ini dapat melihat kondisi stafnya secara administrasi kepegawaian. 

Oka menuturkan langkah BKPSDM Kota Denpasar sebagai bentuk dukungan terhadap program smart city yang diprogramkan Walikota Denpasar. Selain itu langkah awal pihak BKPSDM dalam berinovasi mempermudah layanan di bidang kepegawaian.

Upaya yang sudah juga dilakukan dalam mengoptimalkan pelayanan administrasi kepegawaian pihaknya bekerjasama dengan Kanreg X BKN  melakukan penilaian pelaksanaan administrasi kepegawaian di masing-masing perangkat daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler