Gubernur NTT Anggap PLN Kerja Asal Jadi, Ingin Punya BUMD Kelistrikan

Gubernur NTT Viktor Laiskodat mengatakan akan membangun sendiri perusahan listrik di NTT sehingga tidak terlalu bergantung pada PT PLN.
Gubernur NTT Viktor Laiskodat/Antara-Ismar Patrizki
Gubernur NTT Viktor Laiskodat/Antara-Ismar Patrizki

Bisnis.com, KUPANG – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat mengatakan akan membangun sendiri perusahan listrik di NTT sehingga tidak terlalu bergantung pada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Kita rencanakan bangun perusahaan listrik sendiri yang nantinya ditempatkan di setiap kabupaten, agar tidak terlalu berpatokan pada listrik PLN," ungkapnya di Kupang pada Selasa (27/11/2018).

Hal ini disampaikannya di hadapan Direktur Panas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ida Nuryatin Finahari saat membuka kegiatan "Learning Event Sumba Iconic Island".

Untuk mewujudkan hal itu, gubernur mengatakan akan mendorong semua bupati se-NTT agar segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi agar hal tersebut dapat terwujud.

Menurutnya, pembangunan listrik daerah itu dilakukan karena pekerjaan yang berkaitan dengan masalah energi di negara ini yang dilakukan PLN dianggapnya “hanya asal mikir dan asal jadi saja”.

"Apa yang dikerjakan PLN sejauh ini hanya asal jadi. Pengelolaan energi memerlukan tenaga yang tidak asal-asalan, tetapi membutuhkan orang-orang yang hebat," tambahnya.

Terkait anggaran membangun perusahaan listrik sendiri, dia tak menyebutkan berapa angkanya, namun akan dialokasikan dari APBD provinsi, kabupaten dan kota.

Dengan adanya perusahaan listrik sendiri, ia yakin bisa secara efisiensi dibandingkan dengan PLN, berdasarkan pengalamannya melakukan efisiensi dalam perencanaan. Setiap daerah, katanya tidak bisa hanya bergantung pada PLN, karena PLN sendiri mempunyai pekerjaan yang yang mempunyai keterbatasan anggaran dan sumber daya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper