Kunjungan Wisman ke Bali Naik, Dubes Hungaria Ajak Tingkatkan Kerja sama

Oleh: Feri Kristianto 09 November 2018 | 15:49 WIB
Kunjungan Wisman ke Bali Naik, Dubes Hungaria Ajak Tingkatkan Kerja sama
Dubes Hungaria untuk Indonesia Judit Pach (dua dari kiri) didampingi Konsul Kehormatan Hungaria di Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Gubernur Bali Wayan Koster (dua dari kanan)

Bisnis.com, DENPASAR—Hungaria menginginkan kerja sama dengan Bali dapat semakin ditingkatkan seiring meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan asal negara tersebut ke Bali.

Dalam kurun waktu 2-3 tahun terakhir, kunjungan wisman dari Hungaria dari semula sekitar 5.000 orang sekarang ini sudah mencapai 10.000 orang per tahun.

Dubes Hungaria untuk Indonesia  Judit Pach mengharapkan peningkatan itu dapat membuat kerja sama dengan Pulau Dewat dapat berjalan lebih jauh lagi.

Menurut Pach, hubungan perdagangan Indonesia dan Hungaria telah meningkat sampai 6 kali lipat, dan beberapa kerjasama ekonomi dan budaya sudah berlangsung di Bali.

Salah satunya kerjasama di bidang platform digital dan teknologi penunjang pariwisata dan pertanian. Pihaknya berharap bisa terlibat pula ke dalam kerjasama di bidang infrastruktur penunjang pariwisata di Bali.

“Kami juga bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan Indonesia dan Bali ke Hongaria,” jelasnya saat menemui Gubernur Bali, Jumat (9/11/2018).

Pach didampingi Wakil Dubes Hungaria Peter Varfi, Atase Perdagangan Hungaria Zoltan Paldi, Konsul Kehormatan Hungaria di Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya.Kerjasama itu menurutnya diantaranya dilakukan dengan membuat event dengan blogger dan pembuat film dokumenter, salah satunya tentang suku Bali Aga.

Gubernur Bali Koster menyambut baik ketertarikan pihak-pihak yang ingin bekerja sama dengan provinsi Bali karena penataan infrastruktur kedalam termasuk di bidang pariwisata saat ini menjadi prioritas dalam pemerintahannya.

Dia tidak menampik bahwa untuk mengatasi persoalan di Bali, diperlukan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi karena itu akan berhati-hati dalam melakukan penataan. Menurutnya pariwisata Bali ke depan akan dilaksanakan dengan berkualitas.

“Jadi jika ada yang mau investasi jika tidak melanggar nilai-nilai budaya kami dengan senang hati. Ini akan kami petakan dalam satu aturan tata ruang sehingga terarah,” ujarnya.

 Caption:  Dubes Hungaria untuk Indonesia  Judit Pach (dua dari kiri) didampingi Konsul Kehormatan Hungaria di Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Gubernur Bali Wayan Koster (dua dari kanan) 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya