Komisi X DPR Minta Jaga Daya Dukung & Kenyamanan Destinasi Wisata

Oleh: Ema Sukarelawanto 02 November 2018 | 22:24 WIB

Bisnis.com, GINAYRA—Komisi X DPR RI meminta semua pemangku kepentingan menjaga lingkungan destinasi wisata dan memerhatikan daya dukung yang ada untuk kenyamanan wisatawan.

Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Bali Wayan Koster, Kamis (1/12/2018) malam, juga memuji daya tarik objek wisata Pualau Dewata yang tiada duanya.

“Kekuatan Bali mampu menyedot wisatawan dalam jumlah besar, inipasti memberikan nilai ekonomi tinggi,” kata Djoko Udjianto yang hadir bersama rombongan.

Menurut Djoko tingginya kunjungan ke objek wisata dibarengi dengan penataan lingkungan yang baik agar tetap nyaman dan terjaga. 

Kata dia kemampuan daya dukung destinasi harus dikelola dengan baik dan disarankan ada batas maksimal jumlah kunjungan wisatawan ke suatu destinasi agar kenyamanan pengunjung bisa terjaga.

Sebelum pertemuan tersebut, Djoko bersama rombongan sempat meninjau objek wisata Monkey Forest, Museum Rudana, dan Bali Safari, ketiganya berada di wilayah Kabupaten Gianyar. 

Djoko mendapatkan informasi kunjungan ke tiga objek wisata tersebut cukup tinggi, yakni 10% dari jumlah wisatawan ke Bali atau sekitar 2,5 juta orang.

Kata dia jumlah tersebut cukup besar dan jika tidak dikelola dengan baik akan memberi dampak bagi lingkungan sekitar.

“Tingginya kunjungan memang memberikan dampak positif terhadap perekonomian, tetapi juga bisa berdampak kurang bagus jika tidak ditangani dengan baik, misalnya penanaganan sampah, kemacetan, dan kenyamanan. Ini harus dipikirkan,” tambahnya.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya