John Kerry Dukung Indonesia Berantas Illegal Fishing

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 29 Oktober 2018 | 17:07 WIB
John Kerry Dukung Indonesia Berantas Illegal Fishing
Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry (kiri) dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan) melakukan konferensi pers seusai mengadakan pertemuan bilateral dalam acara Our Ocean Conference (OOC) 2018, di Nusa Dua, Senin (29/10/2018)/Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, NUSA DUA – Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengapresiasi dan mendukung komitmen Indonesia dalam mengusahakan kawasan maritim keberlanjutan melalui penerapan aturan hukum.

Bagi John Kerry semua negara mempunyai tanggung jawab yang sama dalam melindungi kawasan maritim. Langkah yang dilakukan Indonesia selama ini dalam mencegah adanya Illegal, Unreported dan Unregulated (IUU) Fishing atau kegiatan perikanan yang tidak sah telah memimpin negara-negara lain di dunia untuk melakukan hal serupa.

“Banyak negara melakukan illegal fisihing, kita perlu dorongan global untuk mencegah hal itu. Saya pikir Susi [Menteri Kelautan dan Perikanan RI] telah menjadi pemimpin dalam hal itu,” katanya, Senin (29/10/2018).

Negara-negara lain di dunia pun diyakini juga memiliki pemahaman yang serupa mengenai zona ekonomi ekslusif. Namun, negara-negara dengan pemahaman tersebut juga dihadapkan dengan kondisi masih banyaknya ilegal fishing.

Kata dia, aturan hukum yang tepat dalam mengatur illegal fishing tersebut perlu segera diterapkan. Sebab, illegal fishing telah membuat banyak dampak buruk bagi kawasan maritime.

“Aturan hukum harus ada karena dengan melakukan illegal fishing telah mempengaruhi kehidupan ekonomi orang lain,” katanya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan pihaknya saat ini akan terus memperjuangkan kepastian hukum mengenai maritime berkelanjutan. Menurutnya, semua pihak akan dituntungkan terutama nelayan lokal dengan aturan hukum tersebut.

“Terus menurus kita akan gaungkan, kampanyekan, dan membuat joint communique [perjanjian] bersama dan John Kerry sebagai supporter besar dalam IUU Fishing untuk menciptakan sustainability fishery,” katanya. 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya