Temu Karya Teknologi Tepat Guna di GWK Bakal Dihadiri Presiden

Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir membuka Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) 2018 di kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali, pada Jumat (19/10).
Patung Garuda Wisnu Kencana./Antara-Fikri Yusuf
Patung Garuda Wisnu Kencana./Antara-Fikri Yusuf

Bisnis.com, DENPASAR – Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir membuka Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) 2018 di kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali, pada Jumat (19/10).

"Temu Karya Nasional ini merupakan ajang pemberian apresiasi dan penghargaan kepada para juara lomba desa dan kelurahan yang nantinya diharapkan dapat mentransfer inovasi kepada desa lainnya di seluruh Tanah Air," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bali Ketut Lihadnyana, di Denpasar, Selasa (16/10/2018).

Kegiatan yang akan dihadiri sekitar 15.000 peserta dari seluruh Indonesia dari 19-21 Oktober tersebut merupakan gabungan kegiatan Kementerian Dalam Negeri dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"Sedangkan kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) menjadi ajang penyebarluasan informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat," ujarnya.

Sekaligus ajang tersebut sebagai forum untuk menggali gagasan pemikiran dalam penyusunan kebijakan penerapan dan pengembangan TTG dalam upaya pemberdayaan masyarakat di masa kini dan masa mendatang.

Lihadnyana menambahkan, tujuan Kegiatan Temu Karya Nasional dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan adalah untuk membangun semangat berkompetisi antardesa dan kelurahan di setiap daerah, meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang perkembangan dan kemajuan administrasi pemerintahan.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu mendorong inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Rangkaian acara akan diisi dengan pawai yang melibatkan peserta/kontingen dari provinsi seluruh Indonesia. Selain itu digelar pula pameran inovasi desa/kelurahan teknologi tepat guna.

Pameran dilaksanakan dari 19 hingga 21 Oktober 2018 di areal Festival Park Kawasan GWK. Dalam temu karya nasional tersebut dilaksanakan pula Rakor PMD dan lokakarya.

Dalam kesempatan memberi keterangan kepada awak media itu, dihadiri pula oleh Kasubdit Standar dan Pedoman Evaluasi Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Muchtar Iman dan perwakilan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper