Delegasi Annual Meeting IMF-WBG 2018 Kunjungi Ubud, Tirta Empul, dan Taman Nusa

Oleh: Ema Sukarelawanto 14 Oktober 2018 | 11:53 WIB
Delegasi Annual Meeting IMF-WBG 2018 Kunjungi Ubud, Tirta Empul, dan Taman Nusa
Delegasi peserta Annual Meeting IMF-World Bank Group 2018 menonton atraksi budaya di salah satu destinasi wisata di Gianyar, Bali, Sabtu (13/10)./Bisnis-Ema Sukarelawanto

Bisnis.com, DENPASAR — Para delegasi Annual Meeting IMF-World Bank Group (WBG) 2018 mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Gianyar seperti Ubud, Tirta Empul, dan Taman Nusa.
 
Kepala Dinas Pariwisata Gianyar Anak Agung Bagus Ari Brahmantya mengatakan hari ini pun masih tampak sejumlah delegasi mendatangi Pasar Seni Ubud dan Puri Agung Ubud. Sebelumnya, para delegasi sudah ada yang berkunjung ke Tirta Empul dan Taman Nusa.
 
“Mereka tidak hanya datang menyaksikan atraksi budaya, tetapi juga mengajukan pertanyaan tentang berbagai hal terkait budaya Bali,” ujarnya, Minggu (14/10/2018).
 
Di antara 280 delegasi yang berkunjung ke Tirta Empul terdapat tamu spesial yakni Menteri Keuangan Thailand Apisak Tantivorawong dan pimpinan bank sentral Bolivia Mariana Prado Noya.
 
Ari bersama jajaran Dinas Pariwisata Gianyar ikut menyambut bersama bendesa adat dan prajuru Desa Pekraman Manukaya Let di Tirta Empul, yang berdekatan dengan Istana Presiden Tampaksiring. 
 
Sebelum menuju kolam petirtan Tirta Empul, disuguhkan pertunjukan tari baris jago. Para tamu juga mendapat penglukatan, semacam pembersihan jiwa, dari Pemangku Pura Tirta Empul.
 
Dia menerangkan para tamu delegasi mengagumi upacara penglukatan. Apalagi, pada saat yang sama, banyak umat Hindu yang sedang melakukan persembahyangan berkaitan dengan Hari Raya Saraswati.
 
Seusai melakukan kunjungan, delegasi melakukan santap siang dengan menu tradisional Bali di Bebek Tepi Sawah, Ubud.
 
“Saya berharap momen ini merupakan promosi potensi yang dimiliki Gianyar dan secara umum ajang Annual Meeting IMF-WBG 2018 akan mengangkat nama Bali dan Indonesia ke-189 negara peserta,” tutur Ari.
 
Selain itu, sekitar 200 delegasi turut menyaksikan Parade Budaya Nusantara yang disuguhkan Taman Nusa, sebuah destinasi wisata yang menyajikan miniatur rumah adat dan budaya Nusantara.
 
General Manager Taman Nusa I Nyoman Murjana mengungkapkan pihaknya telah mempersiapkan penyambutan sejak jauh-jauh hari dengan melibatkan sejumlah seniman yang membawakan tari pendet serta pertunjukan lainnya.
 
Parade Nusantara disebut sebagai paket yang sangat diminati wisatawan mancanegara (wisman) dan memeragakan tentang keragaman budaya Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.
 
Paket parade budaya yang telah berlangsung 2 tahun itu sedikitnya ditampilkan 15 kali per tahun. Per tahunnya, Taman Nusa dikunjungi sekitar 120.000 wisatawan yang 40% di antaranya adalah wisman.
 

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya