Dalam Sehari, Ada 40 Nasabah Baru AXA Mandiri di Bali

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 11 Oktober 2018 | 16:53 WIB

Bisnis.com, DENPASAR --AXA Mandiri optimistis terhadap penetrasi asuransi Pulau Dewata lantaran telah memiliki 25.000 nasabah di Bali hingga Agustus 2018 dengan rata-rata ada penambahan 40 nasabah baru per harinya.

Director of In-Branch Channel AXA Mandiri Henky Oktavianus mengatakan kesadaran masyarakat yang tinggi tentang asuransi membuat pertumbuhan nasabah di Bali cukup tinggi dibanding kota lain di Indonesia. Apalagi, rata-rata dalam sehari setidaknya AXA Mandiri mampu mendapatkan 40 nasabah baru setiap harinya.

Adapun secara nasional, penetrasi AXA Mandiri sudah sampai 20%. Walaupun tidak memberikan data detil mengenai penetrasi per wilayah, Bali menurutnya memiliki penetrasi yang cukup tinggi.

"Jadi jauh lebih mudah di Bali kan karena ada kebutuhan upacara ngaben, tentu perlu biaya besar, karena pemahaman di sini lebih baik, penetrasinya lebih tinggi daripada kota lain," katanya, Kamis (11/10/2018).

Menurutnya, di sektor jasa keuangan, potensi Bali sangat baik. Berdasarkan laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2016, tingkat literasi keuangan di Bali sebesar 37,5% atau di atas rata-rata nasional 29,7%. Tingkat inklusi keuangan Bali juga berada di level 76%, di atas rata-rata nasional yang sebesar 67,8%. 

Perekonomian di Bali pada triwulan II/2018 juga tumbuh 6,08% dibanding periode sama tahun lalu. Kondisi ini lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,27% (yoy). Inflasi Bali pada triwulan II/2018 tercatat sebesar 3,47% (yoy) atau lebih tinggi dibanding inflasi nasilonal yang sebesar 3,12% (yoy). 

"Inflasi sektor kesehatan yang sebesar 3,09% turut menjadi penyumbang tertinggi inflasi di Bali, peningkatan ini didorong oleh inflasi sub kelompok obat-obatan dan sub kelompok perawatan jasmani dan kesehatan," katanya.

Kata dia, lantaran peningkatan nasabah yang cukup tinggi, PT AXA Mandiri Financial Services menghadirkan kantor layanan nasabah atau Custumer Care Corner (CCC) pertama di Bali yang lokasinya berada pada Rumah Sakit Umum Kasih Ibu, Denpasar.

Kata dia, di Kantor ini, nasabah bisa mengakses layanan langsung seputar informasi produk asuransi dan polis nasabah, penanganan keluhan, pengajuan klaim, perubahan data polis, layanan express claim, dan lainnya.

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya