Obat AIDS di Jembrana, Bali, Mencukupi

Oleh: Newswire 09 Oktober 2018 | 21:07 WIB
Obat AIDS di Jembrana, Bali, Mencukupi
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, NEGARA – Ketersediaan obat bagi penderita HIV/AIDS yakni antiretroviral (ARV) di Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, masih tercukupi untuk seluruh penderita.

"Obat ARV untuk HIV/AIDS tersimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan. Pihak RSU Negara setiap bulan mengajukan pengambilan yang disalurkan ke penderita. Cadangan obat di sini cukup untuk 3 bulan," kata Kepala Dinas Kesehatan Jembrana Putu Suasta di Negara, ibu kota Kabupaten Jembrana, pada Selasa (9/10/2018).

Dia mengemukakan pihaknya secara berkala mengusulkan ke Pemprov Bali untuk mendapatkan pasokan obat tersebut, yang selama ini jumlahnya selalu dipenuhi sesuai dengan usulan.

Untuk pasien yang positif mengidap virus HIV/AIDS baik hasil pemeriksaan di rumah sakit maupun Puskesmas, lanjutnya, mengambil ARV di RSU Negara untuk kebutuhan selama 1 bulan.

"Adanya obat cadangan 3 bulan, untuk mengantisipasi jika ada pasien yang baru, agar tidak menunggu kiriman obat dari provinsi. Ini sudah menjadi prosedur tetap di setiap kabupaten," kata Putu.

Terkait dengan tahapan konsumsi ARV hingga penderita HIV/AIDS mendapatkan jenis obat yang cocok, menurutnya, biasanya setelah 3 bulan pasien akan menemukan kombinasi ARV yang cocok dengan kebutuhan badannya sehingga kondisinya stabil.

Sebelum mendapatkan jenis ARV yang cocok, ujarnya, pasien wajib datang 2 pekan sekali untuk menjalani pengecekan efek samping dari obat yang dikonsumsi.

"Saat pertama kali hendak diberikan ARV, pasien juga menjalani pengecekan darah, fungsi hati, dan ginjal. Biasanya setelah tiga bulan, akan ketemu jenis ARV yang cocok dengan dirinya," tuturnya.

Setelah mendapatkan jenis obat yang cocok, sambil mengambil obat setiap bulan, pasien juga diperiksa secara rutin, termasuk 6 bulan sekali menjalani pengecekan kekebalan tubuh.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya