Program Berbagi Bank Mega Berhasil Renovasi Sekolah di Buleleng

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 09 Oktober 2018 | 16:30 WIB
Program Berbagi Bank Mega Berhasil Renovasi Sekolah di Buleleng
Direktur Utama Bank Mega Kostaman Thayib meninjau Program Mega Berbagi di SMK Puri Wisata Pancasari, Singaraja Bali, Selasa (9/10/2018). /Bisnis-Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, SINGARAJA — PT Bank Mega Tbk memberi bantuan renovasi pembangunan sekolah melalui program berbagai ke SMK Puri Wisata Pancasari, Singaraja, Bali agar memiliki fisik bangunan yang lebih representatif dan siap menyelenggarakan pendidikan yang lebih berkualitas. 

Direktur Utama Bank Mega Kostaman Thayib mengatakan pihaknya berinisiatif menciptakan produk Tabungan Mega Berbagi sejak 2009 untuk mengajak nasabah beramal dalam mencerdaskan bangsa. Nasabah tidak hanya bisa menabung namun sekaligus beramal dan berbagi melalui pembangunan sarana dan prasarana sekolah. Nasabah diajak menyisihkan minimum 1% suku bunga yang diterima dan tambahan 1% lagi dari Bank Mega.  

Pada awalnya, yakni 2009 hanya ada 3 sekolah yang mendapat bantuan dari Program Mega Berbagi. Namun, sejak 2017 hingga saat ini, Bank Mega telah menetapkan 61 sekolah penerima bantuan renovasi di seluruh Indonesia yang tersebar dari Sumatera hingga Papua. 

Adapun Bank Mega telah menyelesaikan sejumlah 45 sekolah dan telah digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, salah satunya di Bali yakni SMK Puri Wisata Pancasari, Buleleng. 

SMK Puri Wisata Pancasari, Buleleng merupakan satu-satunya sekolah di Bali yang mendapat bantuan renovasi dari Program Mega Berbagi.

Dia menarget, renovasi 21 sekolah sisanya akan rampung secara bertahap hingga akhir 2018. 

Total donasi yang terkumpul dari Program Mega berbagi yakni Rp90 miliar. Sementara, telah tersalurkan Rp60 miliar melalui renovasi ke 45 sekolah tersebut.

"Ke depan Bank Mega akan terus memberikan bantuan renovasi kepada sekolah-sekolah lainnya," katanya, Selasa (9/10/2018).

Menurut dia, melalui Program Mega Berbagi, pihaknya memberi bantuan renovasi SMK Puri Wisata Pancasari meliputi ruang praktek atau ruang housekeeping, 7 ruang kelas, perpustakaan, laboratorium komputer, ruang guru, ruang kepala sekolah, dan halaman sekolah. 

"Kami sangat meyakini bahwa pendidikan yang baik akan menjadi kunci bagi kemajuan suatu bangsa yang dapat membebaskan generasi penerus dari belunggu kebodohan dan kemiskinan. Pendidikan yang baik pada akhirnya akan memutus rantai kemiskinan," katanya. 

Kepala SMK Puri Wisata Pancasari Wayan Sariada mengatakan berkat bantuan Program Mega Berbagi sekolah menjadi baru dan mampu menumbuhkan semangat belajar dan mengajar. 

"Saatini ruang praktek yang dikenal juga sebagai ruangan housekeeping berupa replika standar kamar yang terdapat di hotel telah selesai direnovasi sehingga memiliki desain dan kelengkapan yang sangat mirip dengan aslinya," katanya.

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya