Karangasem Kemas Pariwisata Kreatif Lewat "Discover Karangasem"

Oleh: Ema Sukarelawanto 07 Oktober 2018 | 09:46 WIB
Karangasem Kemas Pariwisata Kreatif Lewat
Miss Universe Indonesia 2011 Maria Selena Nurcahya menjajal spot menyelam dalam program "Discover Karangasem"./Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem siap mengembangkan konsep pariwisata kreatif dan bertanggung jawab melalui branding destination “Karangasem, The Spirit of Bali.”

Kabupaten ini mengklaim bahwa nilai-nilai yang original mengenai Bali masih bisa dilihat, dirasakan, dan ditemukan di Karangasem.
 
Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumantri mengatakan berdasarkan riset destinasi branding tersebut, wilayahnya memiliki potensi luar biasa yang bernilai insani, spiritual, ekologis, alam, seni budaya, warisan budaya, dan petualangan.
 
“Potensi tersebut selama ini belum terekspos menjadi kemasan pariwisata kreatif dan bertanggung jawab yang didasarkan pada pengalaman istimewa yang memadukan proses melihat, menikmati, mengalami, berinteraksi, berpartisipasi, dan edukasi,” paparnya, Sabtu (6/10/2018).
 
Menurut Ayu Mas, melalui destination branding tersebut pariwisata dengan kemasan populer akan digarap dengan lebih intens agar bisa menjangkau semua generasi.  Apalagi, sekarang sudah memasuki era digital.

Salah satu upayanya adalah dengan menggelar "Discover Karangasem" pada 26 September-6 Oktober 2018. Kegiatan tersebut melibatkan 16 tokoh termasuk artis, seniman, musisi, dan blogger ternama untuk menjelajah dan mengeksplorasi 46 destinasi.
 
Belasan tokoh tersebut di antaranya musisi Robi Navicula, artis Febi Febiola, Miss Universe 2015 Anindya Kusuma Putri, Miss Universe 2011 Maria Selena Nurcahya dan artis Anjasmara. Pengalaman mereka akan menjadi referensi menarik bagi khalayak untuk mengenal Karangasem lebih jauh.
 
Anggota tim ahli Bupati Karangasem Ida Bagus Agung Gunarthawa menerangkan "Discover Karangasem" akan terhubung dengan program Pemkab dalam memfasilitasi pembangunan sarana, prasarana, serta infrastruktur yang dapat menunjang kemudahan dan akses ke tempat wisata.
 
“Di samping pembangunan fisik, program non fisik seperti peningkatan kapasitas dan pembangunan sumber daya insani juga akan menjadi perhatian Pemkab Karangasem,” tuturnya.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya