865 Unit Kendaraan untuk IMF-World Bank Annual Meeting 2018 Sudah Tiba di Bali

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 04 Oktober 2018 | 14:35 WIB
865 Unit Kendaraan untuk IMF-World Bank Annual Meeting 2018 Sudah Tiba di Bali
Petugas memeriksa mobil yang tiba di Lapangan Lagoon, Nusa Dua, Bali, Rabu (3/10/2018). Ratusan mobil tersebut didatangkan dari Jakarta untuk mengangkut delegasi Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018./ANTARA-Fikri Yusuf

Bisnis.com, NUSA DUA -- Seluruh kendaraan untuk delegasi IMF-World Bank Annual Meeting 2018 yang jumlahnya sebanyak 865 unit telah berada di Bali, Kamis (4/10/2018).
 
Berdasarkan pantauan Bisnis, 430 unit mobil sedan yang disediakan untuk delegasi VIP oleh Blue Bird telah terpakir rapi di Lapangan Lagoon, Nusa Dua, hari ini.

Semua mobil tersebut pun sudah mendapatkan pengecekan fungsi kelayakan atau ramp check. Mobil-mobil merk Toyota Camry dan Mercy E200 yang mengalami kerusakan langsung diperbaiki tim. 
 
Selain mobil yang sudah sampai, para pengemudi yang akan mengemudikan mobil tersebut juga sudah tiba di Bali. Pada saat bersamaan, para pengemudi langsung berkendara dan mengisi bensin setiap mobil. 
 
Koordinator Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XII Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) I Made Dwi Jati Arya Negara mengatakan temuan pada ramp check tidak terlalu mengalami kerusakan berlebihan. Kerusakan yang ada pun langsung diperbaiki seluruhnya.
 
Dia menuturkan kemungkinan mobil ini akan digunakan oleh tamu VIP selevel menteri.

Sementara itu, di kantor Blue Bird pun masih ada sekitar 12 unit mobil Alphard yang disiapkan khusus untuk tamu negara dari AS.
 
Selain itu, disiapkan pula bus sebanyak 292 unit untuk para delegasi serta 131 unit kendaraan bagi panitia dan kegiatan operasional.

"Kendaraan tidak ada masalah, semua dari Jakarta sudah diperiksa. Informasi yang kami peroleh, driver kendaraan semua didatangkan khusus dari Jakarta karena sifatnya matic jenis Mercy maupun Toyota, driver sudah dilatih khusus," tuturnya, Kamis (4/10).

Dwi Jati menerangkan selain dilayani driver, tamu kenegaraan terkait juga akan mendapat satu orang Liaison Officer (LO). Dalam perjalanannya, mobil sedan tersebut akan dijaga oleh pihak kepolisian. 
 
Adapun delegasi kemungkinan besar akan diantar menggunakan bus ukuran sedang yang saat ini telah diparkir dan mendapat ramp check di Dinas Perhubungan Bali. 
 
General Manager (GM) Blue Bird area Bali dan Lombok I Putu Gede Panca Wiadnyana mengungkapkan sedan yang disediakan untuk tamu kenegaraan selevel menteri tersebut merupakan keluaran 2015. Persiapan mobil-mobil tersebut didasarkan pada permintaan panitia.
 
"Kami masih ada [mobil mewah] lagi sih sebenarnya, ini [sedan dan Alphard] yang level kedua. Kami masih ada seri S class, tapi kan ini permintaan dari panitia agar semuanya seragam," ujarnya. 
 
Sementara itu, Managing Director Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua Wayan Karioka menyatakan ada sekitar 300 unit mobil lainnya dengan jenis Alphard, Toyota Fortuner, Mercy E250, dan Pajero Sport yang juga terparkir di lapangan parkir ITDC. 
 
"Kalau ini, yang nyewa Professional Congress Organizer (PCO) IMF, jadi mereka lebih tahu," ucapnya.
 
Meski jumlah kendaraan yang akan digunakan selama IMF-World Bank Annual Meeting 2018 akan meningkat, lalu lintas di kawasan ITDC dipastikan tetap aman. Pintu masuk utama akan dikhususkan untuk tamu VIP sedangkan delegasi akan menggunakan pintu utara dan selatan. 

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya