Asita Bali Proyeksi 5% Delegasi IMF-WB Annual Meeting 2018 Pesan Paket Wisata di Bali

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 03 Oktober 2018 | 12:57 WIB
Asita Bali Proyeksi 5% Delegasi IMF-WB Annual Meeting 2018 Pesan Paket Wisata di Bali
Wisatawan menikmati suasana matahari terbenam di Pantai Kuta, Bali, Selasa (20/3/2018)./JIBI-Rachman

Bisnis.com, DENPASAR – Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Bali memprediksi 5% dari total delegasi IMF-World Bank Annual Meeting 2018 akan memilih paket wisata di Pulau Dewata.
 
Kepala Bidang Pemasaran Khusus Asita Bali Ketut Jaman mengatakan prediksi ini didapat dari pengamatan selama Pulau Dewata dijadikan lokasi konferensi internasional.

Setiap ada konferensi internasional di Bali, umumnya paket wisata untuk peserta yang mampu terjual antara 5%-15%. Alasannya, peserta konferensi lebih fokus mengikuti acara daripada melakukan perjalanan wisata.
 
Untuk gelaran IMF-World Bank Annual Meeting 2018, dia memprediksi jika ada 5% saja dari total delegasi yang membeli paket wisata di pulau tersebut maka sudah cukup menguntungkan. Jumlah total delegasi yang bakal hadir dalam acara tersebut diproyeksi mencapai 15.000 orang, sehingga 5% dari jumlah tersebut setara dengan 750 orang. 

“Paket wisata ini kan namanya opsional, tujuan mereka ke Bali untuk melakukan meeting. Kalau kebetulan mereka melihat waktu lowong, baru mereka akan booking tur,” terang Ketut kepada Bisnis, Rabu (3/10/2018).
 
Menurutnya, para delegasi ini sangat berhati-hati dalam melakukan pemesanan paket wisata. Sebab, jadwal mereka cukup padat.
 
Adapun satu paket wisata rata-rata dijual antara US$50-US$100.
 
Ketut melanjutkan kemungkinan karena keterbatasan waktu, delegasi akan lebih memilih untuk mengunjungi destinasi wisata terdekat seperti Pantai Kuta tanpa melakukan pemesanan paket wisata dan menyewa kendaraan secara pribadi.
 
Namun, Asita Bali tetap optimistis akan ada delegasi yang melakukan pemesanana paket wisata saat acara berlangsung. Apalagi, di masing-masing 21 hotel yang menjadi mitra resmi IMF-World Bank Annual Meeting 2018 untuk delegasi, telah disediakan hospitality desk yang tidak hanya memberikan informasi tapi juga melayani penjualan paket tur.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya