Pasca Lolos Verifikasi, Bandara Ngurah Rai Gelar Upacara Melaspas Perluasan Apron

Oleh: Ni Putu Wiratmini Eka 28 September 2018 | 12:58 WIB
Pasca Lolos Verifikasi, Bandara Ngurah Rai Gelar Upacara Melaspas Perluasan Apron
Upacara melaspas fasilitas baru Bandara Ngurah Rai, JUmat (28/9/2018). / Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, MANGUPURA – Upacara melaspas atau penyucian menurut Hindu Bali dilakukan di Bandara Ngurah Rai pasca reklamasi seluas 8 Ha di sisi barat dan apron sisi timur dinyatakan telah lolos verifikasi.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi mengatakan upacara ini memang sengaja dilakukan sebagai wujud syukur dan mendoakan fasilitas dan bangunan baru. Adapun upacara ini selain menyucikan fasilitas sebelum digunakan, juga untuk menyatukan fasilitas darat dan laut yang telah dilakukan reklamasi.

Kata dia, Bali sangat kental dengan adat istiadat dan upacara melaspas merupakan ritual wajib yang perlu dilakukan sebelum bangunan dan fasilitas digunakan. Adapun sebelum upacara melaspas ini, pihaknya sudah mengadakan upacara prayascita atau upacara penyucian pikiran pada Senin (24/9/2018).

Fasilitas baru apron Barat dan apron timur juga sudah diuji cobakan pasca Upacara Prayascita tersebut yakni selama 2 hari terhitung mulai dari 24 – 25 September 2018. Pesawat yang melakukan uji coba pertama adalah Lion Air dengan nomor penerbangan JT-2622 rute Pudong – Denpasar tepat berhenti pada parking stand nomor 57 di apron barat pada pukul 09.20 WITA dengan membawa 98 penumpang.

Selain itu, uji coba pada proyek apron timur, Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-727 rute Perth – Denpasar tepat berhenti pada parking stand nomor 61 pada pukul 11.41 WITA dengan membawa penumpang 160 penumpang.

Sementara, Upacara Melaspas ini dilakukan pada bangunan dan fasilitas seperti Apron Sisi Barat, Apron Sisi Timur, Sewage Treatment Plant (STP), Gdung VVIP, Base Ops TNI AU I Gusti Ngurah Rai, Line Maintenance Airline, dan Gedung Parkir Bertingkat. Fasilitas dan bangunan ini merupakan proyek yang telah dilakukan sejak Januari 2018.

“Hari ini kita melaksanakan [upacara melaspas] terkait untuk mempersatukan yang baru dengan lama, kami berharap fasilitas baru mendapat berkah sehingga kita dalam menggunakan fasilitas baru dapat diberkahi dengan Tuhan yang maha kuasa,” katanya, Jumat (28/9/2018) saat mengadakan upacara melaspas di Apron Barat, Bandara Ngurah Rai. 

Kata dia, setelah upacara ini, semua fasilitas tersebut akan mulai digunakan. Gedung VVIP baru mulai gunakan pada hari ini yakni Jumat (28/9/2018). Sementara, dengan perluasan apron barat dan timur, maka Bandara Ngurah Rai saat ini sudah dapat melayani 63 parking stand pesawat dari kondisi eksisting sebanyak 53. Rinciannya, 6 parking stand di apron barat dan 4 parking stand baru di apron timur.

“Kemarin sudah kita coba apron barat maupun timur, pada hari ini mungkin VIP 1 dan 2 akan kita gunakan,” katanya. 

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya