Bali Tingkatkan Layanan untuk Kaum Disabilitas

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 16 September 2018 | 14:16 WIB
Bali Tingkatkan Layanan untuk Kaum Disabilitas
Atlet penyandang disabilitas peraih medali emas Porcanas 2004 I Wayan Sumertayasa membawa Api Obor Asian Para Games 2018. /JIBI/BISNIS/ Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, DENPASAR – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengatakan Pulau Bali akan semakin meningkatkan layanan infrastruktur untuk kaum disabilitas agar mampu meningkatkan kunjungan wisata.

 Menurutnya, saat ini beberapa penginapan di Bali terutama hotel berbintang telah memiliki layanan yang sangat baik untuk mendukung aktivitas kaum disabilitas. Fasilitas itu, misalnya, jalan untuk pengguna kursi roda.

Kata dia, dengan dipilihnya Denpasar, Bali sebagai kota keempat penyelenggaraan Pawai Obor Asian Para Games 2018 maka ikut menunjukkan pada dunia bahwa Bali layak untuk kaum disabilitas, sehingga diyakini juga akan mampu mengharumkan nama Bali dan meningkatkan kunjungan wisata.

“Pariwisata tentu memberikan image yang positif khususnya pada masyarakat Bali yang selama ini digambarkan bahwa kita semua tidak peduli, sekarang kita buktikan kita peduli, ini tentu akan memberikan penilaian yang positif pada Bali khususnya,” katanya, Minggu (16/9/2018).

Atlet penyandang disabilitas peraih medali emas Porcanas 2004 I Wayan Sumertayasa mengatakan, saat ini Bali sudah meningkatkan fasilitas untuk menjadi daerah layak kaum difabel.

Peningkatan layanan tersebut utamanya fasilitas untuk atlet sidabilitas seperti akses kolam renang untuk pengguna kursi roda, hingga membangun lapangan bulu tangkis dan atletik di Gor Ngurah Rai khusus untuk penyandang disabilitas.

“Perhatian pemerintah sangat luar biasa, kita ada penyambutan atlet dan beberapa infrastruktur untuk kami juga diperbaiki,” katanya.

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya