IMF-World Bank Annual Meeting 2018: 435 Unit Mobil Mewah dan 1.500 Sukarelawan Dikerahkan

Oleh: Feri Kristianto 12 September 2018 | 17:03 WIB
IMF-World Bank Annual Meeting 2018: 435 Unit Mobil Mewah dan 1.500 Sukarelawan Dikerahkan
Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (tengah) bersama Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (ketiga kiri) dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati (ketiga kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan), Country Director Indonesia Rodrigo Chaves (kanan), Menteri Desa, PDTT Eko Putro Sandjojo (kiri) dan Vice President of East Asia and Pacific Victoria Kwakwa (kedua kiri) meninjau pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Bali, Kamis (5/7)./ANTARA-Wira Suryantala

Bisnis.com, DENPASAR — Panitia pelaksana teknis IMF-World Bank Group Annual Meeting 2018 menyediakan 435 unit kendaraan mewah yang diperuntukkan bagi delegasi gubernur bank sentral hingga pejabat eksekutif IMF dan Bank Dunia. 

Direktur Pemasaran dan Operasional PT Pactoconvex Niagatama Wiwin Kurniawan mengungkapkan pihaknya menyediakan 378 unit mobil jenis Mercedez Benz, 42 unit Toyota Camry, dan 15 unit Toyota. Jenis Mercedez Benz akan digunakan oleh gubernur bank sentral, sedangkan eksekutif IMF dan Bank Dunia menggunakan Camry dan Alphard.  

Pactoconvex Niagatama sudah terpilih sebagai congress organizer IMF-World Bank Group Annual Meeting 2018 melalui tender di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Kami bekerja sama dengan vendor lokal dan nasional untuk memenuhi kebutuhan kendaraan. Semuanya dari Bali,” tuturnya ketika ditemui di Nusa Dua, Bali, Rabu (12/9/2018). 

Wiwin mengungkapkan selain kendaraan mewah untuk delegasi penting, pihaknya juga menyediakan 42 unit shuttle bus rute Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ke hotel, 90 unit shuttle bus untuk mengantarkan delegasi dan pihak terkait dari hotel resmi ke lokasi, serta 120 shuttle bus untuk acara dinner host di Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan perusahaan taksi hingga Persatuan Angkutan Pariwisata Bali (Pawiba). Menurutnya, hingga saat ini, persiapan pelaksanaan event tiga tahunan itu sudah mencapai 95%.

Panitia sudah menunjuk 21 hotel yang tersebar di Nusa Dua hingga Jimbaran untuk tempat menginap delegasi. Nantinya, delegasi dan pihak terkait dari setiap hotel akan dilayani shuttle bus

Panitia juga sudah menyediakan 101 ruangan rapat di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) serta 600 ruang kantor. Ratusan kantor ini akan tersebar di Hotel Westin, Bali Nusa Dua Hotel, serta Grand Whiz.

Seluruh kamar di Westin dan Bali Nusa Dua Hotel akan diubah peruntukkannya untuk ruangan kantor. 

“Semua kamar di Westin, Bali Nusa Dua Hotel, dan Grand Whiz itu kami sulap. Semua perlengkapan di kamar seperti kasur dikeluarkan seluruhnya kecuaali seperti kursi dan meja. Kami mulai set up pada 24 September 2018 untuk dapat digunakan bermacam-macam,” paparnya. 

Panitia juga sudah merekrut 1.500 orang sukarelawan yang akan membantu kelancaran ajang bergengsi tingkat global ini.

Dari jumlah tersebut, 450 orang sukarelawan berasal dari Kemenkeu dan Bank Indonesia (BI) yang melekat dengan delegasi. Adapun sisanya merupakan sukarelawan tenaga lapangan. 

Bali diklaim sangat siap menggelar acara ini karena sudah berpengalaman menjadi tuan rumah bagi berbagai pertemuan besar skala internasional lainnya, seperti Konferensi Tingkat Tinggi APEC 2013.

Satu-satunya kerumitan dalam mempersiapkan ajang ini adalah masifnya skala pekerjaan, banyaknya ruangan dibutuhkan, dan besarnya jumlah delegasi. 

Berikut kebutuhan untuk IMF-World Bank Group Annual Meeting 2018:
1. 435 unit kendaraan mewah:
     - 378 unit mobil Mercedes-Benz
     - 42 unit Toyota Camry
     - 15 unit Toyota Alphard
     - 252 unit shuttle bus
2. 1.500 orang sukarelawan
3. 101 ruang pertemuan
4. 600 ruang kantor

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya