Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petani Jembrana dapat Bantuan 87 Unit Mesin Pertanian

Petani di Jembrana mendapatkan bantuan sebanyak 87 unit alat mesin pertanian dari pemerintah pusat untuk menunjang produktivitas.
Dua unit alat bantuan dari pemerintah pusat ke Jembrana
Dua unit alat bantuan dari pemerintah pusat ke Jembrana

Bisnis.com, DENPASAR--Petani di Jembrana mendapatkan bantuan sebanyak 87 unit alat mesin pertanian dari pemerintah pusat untuk menunjang produktivitas.

Adapun bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang diberikan kepada masyarakat dan kelompok tani di Jembrana itu merupakan medin pra panen dan alsintan pasca panen.

Rincian ga mesin2 unit traktor roda empat, 20 unit traktor roda dua, 10 unit cultivator, 50 unit handprayer dan alat mesin paska panen berupa 5 unit power thresher. 

Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan mengatakan petani di Jembrana mengalami beberapa tantangan dalam hal meningkatkan produksi pertanian. Mulai dari debit air irigasi yang semakin berkurang, semakin tingginya biaya usaha tani hingga semakin menurunnya minat generasi muda (milenial) bekerja di sektor pertanian. 

Menurutnya, pembanguna  pertanian kedepan harus berbasis pada teknologi, oleh karenanya untuk memotivasi para petani pemerintah Kabupaten dan pemerintah pusat telah memberikan berbagai jenis bantuan kepada petani Jembrana. 

"Adanya dukungan bantuan alat dan mesin pertanian yang diberikan pemerintah diharapkan mampu membantu meningkatkan hasil produktivitas pertanian di Jembrana," jelasnya, Jumat (7/9/2018).

Dia juga mengucapkan terimakasih karena Kabupaten Jembrana masih dipercaya oleh pemerintah pusat dan sebagai lokasi peresmian bantuan Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) dari kementrian PU dan penyerahan bantuan sarana prasarana pertanian dari Kementrian Pertanian.

Dia berharap adanya dukungan bantuan ini dapat memotivasi masyarakat petani dalam meningkatkan produksi pertanian. Kepada masyarakat dan elompok tani yang menerima bantuan dapat digunakan dan dipelihara dengan baik

 Ditegaskan olehnya, Jembrana merupakam salah satu Kabupaten yang unggul dalam komoditi penghasil pertanian di Bali. Bustanul Arifin Caya dari Kementrian Pertanian mengatakan dengan diserahkan bantuan Alsintan dan JIAT ini dapat dipergunakan dengan sebaik – baiknya. 

 "Manfaatkan bantuan yang diberikan dengan baik agar hasilnya bisa optimal, sehingga hasil pertanian khususnya di Jembrana ini produktivitasnya bisa terus meningkat," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper