Sanur Village Festival 2018: 25 Jukung Berlomba di Perairan Desa Sanur

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 22 Agustus 2018 | 14:01 WIB
Sanur Village Festival 2018: 25 Jukung Berlomba di Perairan Desa Sanur
Warga Desa Sanur, Denpasar, Bali menonton perlombaan jukung di Perairan Pantai Segara, Sanur, Rabu (22/8)./Bisnis-Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, DENPASAR -- Sebanyak 25 jukung berlomba di Perairan Pantai Segara Ayu, Sanur, Bali dalam rangka gelaran Sanur Village Festival (SVF) 2018.
 
Ketua Induk Prolayar Dewi Satayu Jana Gandhi Sanur I Wayan Jelantik Yana mengatakan pemilik jukung di wilayah ini memang rutin mengikuti perlombaan. Tujuannya, selain melestarikan moda transportasi tradisional, juga untuk menarik kunjungan wisatawan. 

Menurutnya, selama ini jukung yang ada di Sanur lebih banyak dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata. Wisatawan yang berada di Pantai Sanur akan ditawarkan untuk menggunakan jukung untuk memancing atau sekedar mengelilingi perairan.
 
Hal ini disebut menjadi cara yang tepat untuk tetap mempertahankan jukung di tengah gempuran teknologi.
 
"Kami satu-satunya jukung yang masih eksis di tengah zaman yang sudah berubah. Meski sekarang sudah ada  jetski, tapi kami tidak otomatis kalah," ujar Wayan, Rabu (22/8/2018).

Dalam lomba di SVF 2018, telah diadakan penyisihan yang diikuti 50 peserta. Adapun babak final yang diikuti 25 peserta digelar hari ini.

Nantinya, dari 25 peserta tersebut akan dipilih 6 pemenang. 
 
Lomba dimulai pada Rabu (22/8) pukul 09.00 WITA dan berakhir pukul 10.30 WITA. Jukung berlayar sejauh 12 km dari Pantai Segara, kemudian ke Pantai Semawang, dan kembali lagi ke start awal. 

"Kami bahkan pernah mengadakan parade 100 jukung," tambahnya.

 

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya