Incar 150.000 Wisman Rusia, Badung Promosi ke Moskow

Oleh: Ema Sukarelawanto 06 Agustus 2018 | 13:15 WIB
Wisatawan mancanegara/Antara-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, DENPASAR—Pemkab Badung menargetkan kunjungan wisatawan asal Rusia pada tahun ini mampu mencapai 150 ribu orang.


Kepala Dinas Pariwisata Badung I Made Badra mengatakan pasar wisatawan Rusia sangat potensial untuk digarap, apalagi termasuk wisatawan yang dikenal cukup royal dalam hal belanja.


Melihat potensi tersebut, Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Badung melakukan promosi di Moskow, tepatnya di ajang Festival Indonesia Moskow 3-5 Agustus 2018.


“Kami merasakan antusiasme warga kota Moskow saat tim BPPD Badung memperkenalkan destinasi wisata Bali,” katanya melalui pesan pendek, Senin (6/8/2018).


Menurut Badra kebanyakan wisatawan Rusia sangat tertarik dengan wisata pantai, sport, belanja, spa dan kebugaran tubuh. Mereka menyukai Kuta, Nusa Dua dan Ubud. Dalam sekali kunjungan wisatawan Rusia minimal menghabiskan US$1.800.


Ia meyebut total kunjungan wisatawan Rusia ke Badung pada 2017 mencapai 110.529 orang. Realisasi pada Januari-Juni sebanyak 69.800 orang atau naik 9,97% dibandingkan tahun lalu.


Badra optimistis target kunjungan 150 ribu wisaman Rusia di akhir tahun bisa tercapai dan berupaya untuk bekerja sama dengan travel agent yang menggarap pasar Rusia dan menggandeng maskapai penerbangan Singapore Airlines (SQ).


Festival Indonesia Moskow menyajikan atraksi seni dan budaya Indonesia, termasuk menawarkan pengunjung untuk mencicipi masakan khas nusantara. Selain itu terdapat gerai pameran berbagai produk kerajinan dari berbagai daerah di Indonesia.


Badra mengatakan Bali menampilkan balinese traditional massage di gerai salah satu produk spa yang banyak dikunjungi warga setempat. 


Kata dia festival yang dibuka Duta Besar Indonesia untuk Rusia Mohammad Wahid Supriyadi itu sangat efektif untuk memperkenalkan seni budaya dan pariwisata Indonesia, termasuk informasi tentang Bali.


Badra mengapresiasi undangan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Rusia dan berharap tahun depan bisa membuka gerai dan mengajak biro perjalanan wisata untuk berpromosi yang lebih fokus di area Festival Indonesia Moskow. 
 
Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Badung I Gusti Rai Suryawijaya mengatakan melalui festival tersebut diharapkan dapat memperkenalkan destinasi Badung serta mempererat kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Rusia ke Bali dan Badung pada khususnya. 

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya