Badung Mulai Garap "Sport Tourism"

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 03 Agustus 2018 | 13:59 WIB
Wahana Parasailing di Tanjung Benoa, Bali-JIBI/Tim Jelajah Jawa Bali

Bisnis.com, DENPASAR – Badung mulai menggarap sport tourism untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke wilayah ini, yang mendapat target 8 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019. 
 
Kepala Dinas Pariwisata Badung I Made Badra mengatakan selama ini daerah tersebut sudah cukup dikenal dengan hotel, spa, water sport, dan lokasi Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).
 
Badung pun ingin memberikan suguhan wisata berbeda kepada wisatawan, sekaligus memperluas pasar.
 
Dia memerinci Badung telah memiliki 98.000 kamar hotel dan 3 lokasi lapangan golf yang bagus. Selain itu, ada berbagai destinasi wisata, mulai dari pantai hingga patung Garuda Wisnu Kencana.  
 
Untuk mendukung konsep destinasi wisata olahraga, Badung akan membangun stadion skala internasional. 
 
“Kita kan sudah ada olahraga air, surfing sudah ada, golf sudah ada, nanti kita bikin stadion yang besar untuk sport tourism,” ungkap Badra kepada Bisnis, Jumat (3/8/2018).

Dia meyakini wisata olahraga bakal semakin memopulerkan tagline "Badung The Soul Of Bali". Dengan demikian, akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini.
 
Sebagai langkah awal mengembangkan rencana ini, Badung bakal menggelar lomba lari maraton pada 30 September 2018. Berbeda dari lomba lari biasa, kali ini kegiatan tersebut akan diadakan pada malam hari.

Rencananya, ajang ini akan bernama Mandiri Badung International Night Run dan rutenya melewati Jalan Tol Bali Mandara.

Garis start berlokasi di Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Nusa Dua. Setelah itu, para pelari akan mengarah ke Tol Tuban dan akhirnya memutar lagi ke ITDC.
 
“Kalau maraton kan biasa ya pagi dan sore, tapi ini beda sensasinya, malam dan lari di atas jalan tol yang berada di atas laut,” papar Badra.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya