Garap Sport Tourism, Badung Gelar Lari Maraton di Atas Tol

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 03 Agustus 2018 | 15:55 WIB

Bisnis.com, DENPASAR – Badung akan menggelar lari maraton malam hari di atas tol pertama pada 30 September 2018 nanti sebagai langkah awal membangun sport tourism destination.

Kelala Divisi Komersial ITDC AA Istri Ratna Dewi mengatakan pihaknya sengaja bekerja sama dengan Pemerintah Badung untuk menggelar acara yang bertajuk “Mandiri Badung International Night Run”. Selain untuk memperingati hari jadi ibukota Badung yakni Mangupura, juga untuk semakin memperluas pasar pariwisata wilayah ini.

Menurutnya, ajang ini juga menjadi pagelaran yang tepat diadakan di Badung sebab saat itu pertemuan-pertemuan delegasi IMF-WB 2018 sudah mulai diadakan di Bali.

Walaupun IMF-WB 2018 sejatinya baru akan dimulai pada Oktober 2018, namun beberapa delegasi sudah ada yang datang ke Bali sejak Agustus untuk mengadakan rapat-rapat kecil.

Momen ini dipakai untuk menunjukkan pada delegasi IMF-WB 2018 yang mewakili dunia, bahwa Badung siap menawarkan segala jenis bentuk wisata tidak hanya hotel, spa, destinasi, maupun MICE saja.

“Jadi kan delegasi IMF, Agustus dan September mulai berdatangan dengan beberapa meeting, kita ingin menunjukkan bahwa apa yang kita miliki di Badung dan khususnya Nusa Dua sudah sesuai dengan standar MICE internasional,” katanya kepada Bisnis, Jumat (3/7/2018).

Kata dia, nantinya ditarget aka nada sebanyak 3.000 runner yang ikut serta. 20% diantaranya ditarget merupakan runner internasional. Sementara, sisanya adalah runner nasional maupun warga lokal dan wisatawan yang kebetulan berada di Bali.

Adapun Mandiri Badung International Night Run akan dibagi menjadi 4 katagori yakni 4 km, 10 km, half marathon dengan jarak 21 km, dan marathon dengan 40 km.

“Untuk 4 k itu kan bersifat fun run, jadi masyarakat lokal maupun wisatwan yang kebetulan lagi berlibur di Bali bisa mengikutinya,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Badung I Made Badra mengharapan marathon night run pertama Badung akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah ini. Apalagi, ini merupakan ajang pertama kali diadakan Badung dan termasuk tidak bisa.

Rencananya, Mandiri Badung Night Marathon akan diadakan pada malam hari dan melewati Jalan Tol Bali Mandara. Runner akan memulai start di ITDC, Nusa Dua kemudian mengarah ke Tol Tuban. Setelah itu memutar lagi ke ITDC, Nusa Dua.

“Kalau marathon kan biasa ya pagi dan sore, tapi ini beda sensasinya malam dan lari di atas jalan tol yang berada di atas laut,” katanya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya