Presiden Zanzibar Ingin Banyak Pelajari Bali, Ini Alasannya

Oleh: Feri Kristianto 03 Agustus 2018 | 13:08 WIB
Gubernur Bali Made Mangku Pastika (kiri) bertemu Presiden Zanzibar Ali Mohamed Shein (tengah).

Bisnis.com, DENPASAR — Negara Zanzibar tertarik menjalin kerja sama bidang pariwisata dengan Bali karena memiliki kondisi geografis yang hampir mirip.

Presiden Zanzibar Ali Mohamed Shein menuturkan bentang alam negara terdiri dari laut dan gunung, sehingga pihaknya ingin menggali potensi yang dimiliki agar dapat mengembangkan pariwisata. Bahkan, menurutnya, negaranya telah meraih predikat best diving di dunia setiap tahun.

“Untuk itu kami ingin belajar mengelola pariwisata kepada anda Pak Gubernur, terutama tentang promosi pariwisata,” jelasnya saat bertemu Gubernur Bali Made Mangku Pastika dikutip dari siaran pers, Jumat (3/8/2018).

Sebagai negara kepulauan, Zanzibar juga mempunyai industri perikanan mirip seperti Bali. Hanya saja, Zanzibar saat ini masih konsen mengekspor produk ikan olahan. Presiden Shein berharap, diskusi peningkatan kerja sama dengan Indonesia khususnya bisa segera diimplementasikan menjadi sebuah program bersama.

Dia mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang dapat mengelola negara dengan baik, serta Bali yang juga mampu mengelola pariwisata hingga menjadi terkenal di dunia. Presiden Shein juga mengundang Gubernur Pastika beserta jajarannya untuk mengunjungi Zanzibar.

Presiden Ali Mohamed Shein menyatakan kedatangannya beserta rombongan ke Indonesia adalah untuk membicarakan kemungkinan kerja sama antar kedua negara. Sebelumnya, dia telah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta dan membicarakan beberapa kemungkinan kerja sama yang akan terjalin seperti pertanian, perikanan, dan pengembangan sumber daya manusia. Selain itu, fokus kerja sama lainnya yang dibicarakan adalah di bidang pariwisata.

“Salah satunya kami ingin memperkuat hubungan dengan Indonesia terkait masalah konektivitas penerbangan langsung dari Indonesia ke Tanzania,” ujarnya.

Sementara itu, Pastika menyatakan jika potensi unggulan di Bali adalah sektor pariwisata. Menurutnya, pariwisata menjadi industri utama penggerak ekonomi, serta menjadi sumber mata pencaharian masyarakat yang utama.

“Setiap tahun kita kedatangan turis hingga 15 juta wisatawan yang terdiri dari hampir enam juta wisatawan mancanegara dan sisanya adalah wisatawan domestik,” jelasnya.

Untuk menunjang pariwisata, Bali juga mempunyai program studi yang mengkhusus untuk mencetak tenaga kerja mahir di bidang tersebut. Salah satu sekolah terkenal adalah Sekolah Tinggi Pariwisata Bali.

Pastika mengaku beruntung karena menjadi industri utama, banyak hotel dan restoran tersebar di pulau ini, sehingga para siswa tidak kesulitan untuk mempraktikkan ilmu yang mereka dapat di sekolah.

Decara geografis, Pastika menjelaskan jika luas Bali hanya 0,29% dari luas wilayah Indonesia. Keadaaan geografis Bali yang terdiri dari laut dan gunung yang menjadikan pulau ini mempunyai bentang alam yang indah dan menambah daya tarik wisata. Selain itu Bali juga sering menjadi tempat untuk acara-acara internasional salah satunya even internasional IMF-World Bank Forum yang akan dihadiri oleh para menteri keuangan dan Gubernur Bank Central dari 189 negara.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya