TBS Season 3 Berbagi Kiat Bisnis di Denpasar

Oleh: Ema Sukarelawanto 02 Agustus 2018 | 16:03 WIB
TBS Season 3 Berbagi Kiat Bisnis di Denpasar
Produk sejumlah usaha kreatif hasil The Big Start Indonesia Season 1 2016.

Bisnis.com, DENPASAR--The Big Start Indonesia Season 3, sebuah ajang kompetisi pencarian pengusaha muda kreatif yang diselenggarakan Blibli.com, akan menggelar kegiatan dan berbagi kiat bisnis di Denpasar, 3-5 Agustus 2018.

 

Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com Lani Rahayu mengatakan acara ini bakal menjadi perhelatan lebih besar dengan diadakannya roadshow lima kota, termasuk Denpasar.

 

“TBS Season 3 diharapkan semakin mendorong para pengusaha kreatif muda lokal untuk menembus pasar internasional dan mampu mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi,” katanya, kamis (2/8/2018).

 

Lani menjelaskan ajang kompetisi pencarian pengusaha muda kreatif itu tahun lalu menggandeng lebih dari 20.000 peserta. Pada TBS Season 3 ini diharapkan bisa merangkul lebih banyak lagi pengusaha muda yang akan dikurasi menjadi 20 finalis pengusaha kreatif muda terbaik dan mengikuti seleksi serta pelatihan selama sebulan di Jakarta.

 

Bali dipilih menjadi salah satu lokasi karena telah dikenal luas dengan produk buatan lokal yang mendunia. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar peningkatan jumlah UMKM sudah terlihat jelas sejak 2013. Total UMKM Kota Denpasar sebanyak 11.575 dan pada 2016 menjadi 30.840. Ini menunjukkan potensi bisnis rumahan di Bali menunjukkan pertumbuhan positif setiap tahunnya.

 

Untuk menarik perhatian para peminat usaha kecil, selama tiga hari TBS Season 3 di Denpasar digelar talkshow yang menghadirkan narasumber para pelaku usaha muda kreatif yang telah berhasil. Lani menyebut setiap hari akan digelar empat sesi yang diharapkan bisa menginspirasi anak muda untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan. 

 

Salah satu narasumber adalah Dhamar Perbangkara, pemilik brand Gauri yang juga pemenang kedua TBS Season 1 mengatakan selain mendapatkan pengalaman baru, saat mengikuti kompetisi inijuga menambah koneksi dan informasi yang sangat berguna untuk mengembangkan bisnis daur ulang kayu yang tak terpakai.

 

Dhamar memanfaatkan kayu-kayu tak terpakai untuk dibuat sendok, garpu, cangkir, gelas, piring dan perabot rumah tangga lainnya. Ia percaya kepada proses dan kesungguhan untuk mewujudkan rancangan yang ia buat hingga berkembang seperti sekarang.

 

Kata dia sebagai pengusaha muda terus berupaya melakukan inovasi dan belajar menemukan strategi baru agar bisa terus eksis dalam persaingan pasar yang makin ketat.

 

Narasumber lain yang akan berbagi pengalaman di TBS Season 3 adalah I Kadek Edi, Head Roaster Seniman Industires yang produknya sangat diminati wisatawan asing. Kata dia zaman sekarang berbisnis semakin dimudahkan dengan teknologi, sehingga di satu sisi semakin gampang tapi juga semakin menantang karena persaingan semakin besar. 

 

“Kita harus terus menggali potensi lokal dan keunikan yang kita punya supaya tidak kalah dengan produk impor. Apalagi dengan e-commerce lokal seperti Blibli.com yang mendukung produk dalam negeri, kita harus bisa memanfaatkan segala kesempatan yang ada untuk memasarkan produk kita,” ujarnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya