Blibli.com Naikkan Pamor Produk Lokal lewat Kompetisi

Oleh: Ema Sukarelawanto 02 Agustus 2018 | 16:00 WIB

Bisnis.com, DENPASAR--Perusahaan e-commerce Blibli.com terus berupaya mendorong produk lokal agar naik kelas dan mampu menjangkau pasar yang lebih luas melalui ajang kompetisi ‘The Big Start Indonesia Season3’.

 

Senior Brand Strategy Manager Blibli.com Maria Hermina mengatakan ajng kompetisi pencarian pengusaha kreatif muda yang ketiga kalinya ini merupakan komitmen untuk mendukung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia.

 

“Blibli.com ingin menjaga produk berbasis kearifan lokal yang tak kalah kreatif dengan brand luar yang telah mendunia,” katanya, Kamis (2/8/2018).

 

Maria berharap dari ajang ini muncul ikon-ikon lokal dari berbagai daerah yang memperkaya produk lokal yang akan dibantu dari segi manajemen, kemasan, standar kualitas, dan mendistribusikan ke pasar yang tepat, di antaranya melalu i e-commewrce.

 

Kata dia ‘The Big Start Indonesia (TBS) Season 3’ kali ini memberikan syarat pesertanya sudah memiliki usaha minimal satu tahun. TBS Season 3 ini telah digelar di Bandung dan Yogyakarta dan akan digelar di Denpasar, 3-5 Agustus dan berlanjut ke Surabaya (24-26 Agustus) dan Jakarta (31 Agustus-2 September).

  

Didukung oleh JNE, BCA, Prasetiya Mulya Business School, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkoinfo), TBS Season 3 siap digelar dengan total hadiah lebih besar dibanding tahun sebelumnya senilai Rp 1,1 miliar dan Bali menjadi kota ke-3 dalam rangkaian roadshow TBS Season 3 yang akan diadakan pada 3 sampai 5 Agustus 2018.  

 

TBS 3 yang bertema ‘Buktikan kepada Mereka’ diharapkan dapat menjawab tantangan terbesar para pengusaha muda Indonesia untuk melakukan peningkatan skala bisnis yang lebih tinggi dengan pangsa pasar lebih luas. Total hadiah kali ini mencapai Rp1,1 miliar yang dapat digunakan modal bagi 4 pemenang.

 

Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com Lani Rahayu mengatakan kompetisi tahun lalu diikuti 20.000 peminat. Dari jumlah tersebut dipilih oleh juri berkompeten menjadi 100 peserta yang kemudian mengerucut menjadi 20 peserta yang dikarantina selama sebulan di Jakarta.

 

Selama dikarantina mereka mendapatkan pelatihan dari para ahli untuk pendalaman perihal produk dan terkait dengan proses bisnis seperti pemasaran daring, pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, pajak, hukum, perlindungan HAKI. Kemudian tahap terakhir penentuan pemenang.

 

Lani menambahkan produk terbaik para peserta kompetisi ini dibuatkan gerai khusus di Blibli.com yang sangat diminati oleh pelanggan dan menunjukkan grafik penjualan yang terus meningkat. 

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya