Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IFC Tawari Bali Kerjasama Penanganan Sampah, Air, Hingga EBT

International Finance Corporation menawarkan peluang kerjasama antara Bali dan sektor swasta khususnya dalam upaya penanganan permasalahan isu sampah, pengelolaan air serta energi terbarukan.

Bisnis.com, DENPASAR— International Finance Corporation menawarkan peluang kerjasama antara Bali dan sektor swasta khususnya dalam upaya penanganan permasalahan isu sampah, pengelolaan air serta energi terbarukan.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyambut baik tawaran dari IFC, karena menilai banyak hal yang bisa untuk dikerjasamakan khususnya berkaitan dengan  pembangunan berkelanjutan.

Mangku menegaskan pihaknya memiliki komitmen kuat untuk mewujudkan Bali sebagai Clean and Green Province, yang salah satunya dilakukan dengan penggunaan energi terbarukan dan  pencanangan transportasi ramah lingkungan yang tidak menimbulkan polusi asap dan suara.

Pastika mengakui Bali dihadapkan dengan beberapa permasalahan seperti masalah sampah, ketersediaan  listrik, transportasi, penyediaan air bersih serta  pembangunan infrastuktur untuk menunjang pariwisata itu sendiri.

Dia menggambarkan kondisi pariwisata Bali sebagai industri pariwisata massal (mass tourism) kedepannya bisa  dapat berubah ke arah industri pariwisata kualitas (quality tourism).

Dengan pariwisata berkualitas, berharap Bali mampu menarik minat wisatawan yang berkualiats pula, sehingga yang menjadi target dan sasaran kedepannya adalah kualitas dari wisatawannya bukan sekedar jumlah kunjungannya.

“Bali akan terus memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kualitas dari kelebihan yang  dimiliki, untuk itu banyak potensi kerjasama yang bisa  dilakukan. Kami ingin Bali bisa jadi salah satu destinasi wisata yang berkualitas sehingga mampu menarik wisatawan berkualitas pula, bukan sekedar pariwisata massal seperti saat ini,” jelasnya dikutip dari siaran pers, Kamis (2/8/2018).

CEO International Finance Corporation (IFC) Philippe Le Houérou menyampaikan bahwa pihaknya bersama World Bank telah menyediakan anggaran untuk pengembangan destinasi wisata, tidak hanya Bali namun destinasi wisata Bali dan sekitarnya dimana hal ini sejalan dengan rencana pengembangan pariwisata nasional.

Dia memberikan apresiasi atas kepemimpinan dari Gubernur Pastika yang mendorong Bali untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan Program Bali Clean and Green. Pihaknya berharap hal tersebut dapat terus dilanjutkan oleh Gubernur yang akan memimpin Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler