Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atlet Tinju Asian Games 2018 asal Bali Menderita Kanker Getah Bening

Pupus sudah harapan atlet tinju Pelatnas Asian Games 2018 Valentinus Nahak untuk bertanding di ajang bergengsi tersebut lantaran terserang kanker getah bening.

Bisnis.com, DENPASAR -- Pupus sudah harapan atlet tinju Pelatnas Asian Games 2018 Valentinus Nahak untuk bertanding di ajang bergengsi tersebut lantaran terserang kanker getah bening.

Julio Bria, kakak kandung Valentinus Nahak, mengatakan adiknya pertama kali merasakan sakit di bagian perut saat April 2018 ketika mengikuti pelatnas Asian Games 2018 di Manado. Saat sakit tersebut menyerang, beberapa kali sempat ke rumah sakit untuk memeriksakan keadaan.

Hingga, pada Juni 2018 dia memutuskan kembali ke Bali untuk melakukan istirahat. Sesampai di Bali, dia divonis menderita sakit kanker getah bening.

Padahal, dia seharusnya mengikuti ajang Boxing Asian Games 2018 kelas 52 kg. Ajang ini pun merupakan perlombaan internasional pertama yang Valen geluti selama 6 tahun menekuni olahraga boxing.

"Adik baru kali ini ikut maka semangatnya tinggi, dia tahan sakitnya supaya bisa ikut, makanya kondisinya cepat drop," katanya kepada Bisnis, Selasa (31/7/2018).

Kata dia, sejak akhir Mei 2018, wajah dan badannya sudah mulai mengurus dengan berat semula 55 kg menjadi 40 kg. Dia pun hanya bisa berbaring di tempat tidur.

Namun, saat ini kondisi Valen sudah mulai membaik. Dia pun sudah mulai mengonsumsi makanan dan minum. Begitu juga dengan berbicara dengan kawan dan saudaranya.

"Penanganan terkahirnya kemo saja, kita masih menunggu kondisi badannya siap," katanya.

Menurut dia, Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga Kemenpora juga telah menengok kondisi Valen mewakili Menpora Imam Nachrawi pada Senin (30/7/2018).

"Mereka datang dan memberikan tali kasih, kami berharap ke Kemenpora untuk mendapat perawatan yang lebih baik," katanya.

Adapun Valen, telah menekuni boxing sejak 2012. Dia beberapa kali mengikuti kejurnas hingga mendapatkan perak saat mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di kelas 46 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper