Kegiatan Pranikah di Pantai Bali Diminta Perhatikan Keselamatan

Oleh: Ema Sukarelawanto 29 Juli 2018 | 17:44 WIB
Kegiatan Pranikah di Pantai Bali Diminta Perhatikan Keselamatan
Ilustrasi: Sepasang calon pengantin melakukan foto prewedding di depan Pura Narmada./Bisnis-Eka Chandra

Bisnis.com, MANGUPURA—Para pelaku usaha jasa fotografi prewedding diminta memperhatikan keselamatan calon mempelai saat melakukan pengambilan gambar di atas tebing atau di pantai.

Kepala Dinas Pariwisata Badung Made Badra mengatakan telah mengimbau para pelaku usaha jasa pemotretan pranikah agar berhati-hati melakukan aktivitas pemotretatan di tebing atau pantai yang bisa membahayakan calon mempelai.

“Kami juga telah membicarakan hal ini dengan pihak Bali Wedding Association, mereka sepakat untuk melakukan pre-wed di tempat yang lebih aman,” katanya, Minggu (29/7/2018).

Menurut Badra keselamatan para pasangan yang melakukan prewedding adalah yang paling utama.

Para pelaku usaha jasa ini telah sepakat untuk tidak melakukan di atas tebing karang yang membahayakan, melainkan di tempat yang lebih aman. Apalagi, saat gelombang besar vdatang teka menentu seperti musim saat ini.

Kata dia kini kegiatan foto pranikah dilakukan di tempat terbuka yang dari segi kemanaan lebih terjamin dan tidak berisiko. Sekali lagi, Badra menekankan, keamanan dan keselamatan harus diutamakan.

Kegiatan foto pranikah bukan hanya dilakukan oleh warga lokal, tetapi juga wisatawan domestik dan mancanegara. Terkadang para pasangan muda yang terpikat panorama di pinggir pantai atau di atas tebing meminta foto bergaya di sana, padahal sangat membahayakan keselamatan.

“Boleh saja mereka minta, tapi pelaku usaha atau fotografer yang melayani langsung perlu memberikan saran tentang keamanan dan keselamatan,” katanya.

Badra menambahkan pasangan muda memang merupakan salah satu pasar wisatawan yang dibidik para pelaku industri wisata di Bali.

Tentu, mereka tidak hanya menawarkan jasa fotografi prewed, tetapi juga hotel yang romantis, tempat kuliner yang mengesankan, dan paket wisata menarik lainnya.

Wisatawan pasangan muda yang banyak melakukan kegiatan pranikah di antaranya berasal dari Korea, India, Jepang, dan Australia. Sedangkan pasar wisatawan China yang cukup besar berekreasi ke Bali masih sedikit yang tertarik melakukan kegiatan pranikah.

Kawasan yang kerap digunakan untuk foto pranikah di antaranya waterblow Nusa Dua, Pantai Balangan, Pantai Padang-padang, dan tebing di Uluwatu.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya