Kapal Sabuk Nusantara Bisa Layani Pelayaran Labuan Bajo & Waingapu

Oleh: Newswire 24 Juli 2018 | 13:28 WIB
Kapal Sabuk Nusantara Bisa Layani Pelayaran Labuan Bajo & Waingapu
Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara./Antara-Syifa Yulinnas

Bisnis.com, KUPANG – Kepala PT Pelni Cabang Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ishak Gerald mengatakan kapal KM Sabuk Nusantara bisa melayani rute yang menghubungkan Labuan Bajo dan Waingapu ibu kota Kabupaten Sumba Timur dan sebaliknya.

"Rute Labuan Bajo-Waingapu ini sangat memungkinkan sekali bisa dilayani," kata Ishak Gerald di Kupang, Selasa (24/7/2018).

KM Sabuk Nusantara merupakan kapal penumpang yang diadakan pemerintah belum lama ini untuk melayani penyeberangan Waingapu menuju Benoa, Bali dan sebaliknya.

Kapal berbobot 2.077 gross tonnage (GT) dengan daya tampung 422 penumpang itu beroperasi di bawah koordinasi PT Pelni dengan home base di Waingapu.

Rute sementara yang akan dilayani yakni Waingapu-Mamboro, Sumba Tengah-Waikelo, Sumba Barat Daya-Bima-Badas-Kayangan-Benoa, dan sebaliknya.

Menurut Ishak, jika pemerintah daerah ingin mengusulkan adanya tambahan menuju Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat maka sangat memungkinkan untuk dilayani.

"Bupati bisa bersurat ke Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan di Jakarta terkait layanan rute tambahan itu," katanya.

Sebelumnya, Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora mengemukakan segera mengusulkan tambahan rute pelayaran KM Sabuk Nusantara untuk Waingapu-Labuan Bajo.

Menurutnya, rute tambahan itu akan berdampak positif meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke Sumba Timur, terutama yang masuk melalui pintu Labuan Bajo sebagai salah satu daerah wisata unggulan secara nasional.

"Banyak turis yang ke NTT itu menumpuknya di Labuan Bajo,sementara ke Sumba Timur masih terbatas karena belum ada layanan penerbangan langsung dari sana sehingga kalau ada jalur kapal laut maka wisatawan bisa datang dengan mudah," katanya.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya