Tatkala Garuda di Dadaku Menggema di Pantai Kuta

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 23 Juli 2018 | 23:23 WIB
Tatkala Garuda di Dadaku Menggema di Pantai Kuta
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani membawa Torch Relay Asian Games 2018 ke Pantai Kuta, Senin (23/7/2018).

Bisnis.com, KUTA – Kirab Obor Asian Games 2018 di Pantai Kuta disambut meriah oleh sorak sorai warga yang membawa bendera merah kecil sembari menyanyikan lagu Garuda Di Dadaku.

Api Obor keliling Indoensia atau Torch Relay Asian Games 2018 sampai di parkir Pantai Kuta sekitar pukul 16.00 dan langsung diarak Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Bersama sejumlah atlet Indonesia, Puan Maharani berjalan sekitar 1,5 km menuju tempat acara yang berada di pinggir Pantai Kuta.

Sesampai di Pantai Kuta, Puan langsung memberi Torch Relay ke Hamish Daud. Sempat berfoto beberapa saat, Hamish pun langsung lari membawa torch relay ke tengah laut.

Dia mulanya menumpang jet ski menuju tengah laut dan kembali ke pantai dengan berselancar bersama Torch Relay Asian Games 2018. Sekitar 10 menit, Hamish Daud sampai di bibit pantai dan kembali menyerahkan Torch Relay ke Puan Maharani.

Puan pun disambut tarian kecak saat menerima Torch Relay. Dikawal Hanoman, Puan diantar menuju mini cauldron. Di sana, bersama Gubernur Bali Made Mangku Pastika, dia menghidupkan mini couldron dengan api dari torch relay Asian Games 2018.

Selebrasi pun dimulai setelahnya, tarian barong sai pun dimainkan.

Dalam sambutannya, Puan Maharani mengatakan api obor Asian Games 2018 akan menjadi sarana untuk mempromosikan pariwisata masing-masing daerah.

Kata dia, sebelum pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus nanti, api obor akan diarak mengelilingi 54 kota. Saat ini, Bali telah menjadi kota ke-10 yang menjadi tempat singgah api obor Asian Games 2018.

Nantinya, akan ada 44 kota lagi di 18 provinsi yang akan dikunjungi api obor Asian Games 2018. Di setiap kota yang dikunjungi api obor, pariwisata dan UKM daerah tersebut akan dipromosikan. Sehingga gaungnya akan didengar seluruh negara maupun peserta Asian Games 2018.

"Acara ini merupakan acara yang yang kita tunggu-tunggu yakni sosialisasi api Asian Games menuju pembukaan pada tanggal 18 Agustus nanti, di setiap tempat kami selalu berusaha untuk mempromosikan pariwisata dan UKM daerah tersebut," katanya, Senin (23/7/2018).

Kata dia, Bali merupakan destinasi paling besar di Indonesia dan diharapkan akan menjadi salah satu tempat yang dikunjungi kontingen masing-masing negara peserta Asian Games 2018. Tidak hanya Bali, 54 kota lainnya juga diharapkan dikunjungi setiap kontingen.

"Saat Asian Games kita tidak bicara Bali saja, atau Jawa Tengah atau cabang bola tetapi bicara Indonesia secara keseluruhan untuk menyukseskan Asian Games 2018," katanya.

Seusai memberikan sambutan, mini tinder dinyalakan dengan menggunakan api dari mini couldron. Setelah itu, Puan kembali menyerahkan api di mini tinder ke Hamish Daud dan dibawa lari menuju Tanah Lot.

Rencananya, di Tanah Lot, api Asian Games akan difilmkan bertepatan dengan suasana matahari terbenam.

 

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya